in , ,

Tips Agar Saat Buka Foto di WhatsApp tidak Otomatis Tersimpan

Tips Agar Saat Buka Foto di WhatsApp tidak Otomatis Tersimpan

Nurnajma.com – Foto, video, audio, dan dokumen yang masuk ke dalam pesan WhatsApp (WA) biasanya akan tersimpan otomatis ke dalam galeri handphone. Anda bisa mengubah pengaturan ini agar foto WA tidak tersimpan di galeri.

Foto dan video yang masuk ke WhatsApp akan memakan memori Hp Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menyimpan foto yang benar-benar dibutuhkan agar memori Hp tidak penuh.

Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan pada aplikasi WhatsApp.

Berikut cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri

Tangkapan layar cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri.
Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri adalah dengan mengubah pengaturan pada aplikasi WhatsApp. (Foto: Tangkapan layar aplikasi WhatsApp)
  1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.
  2. Tap atau ketuk ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas layar WhatsApp Anda dan pilih Setting atau Pengaturan.
  3. Pada halaman Setting, pilih Storage and Data atau Data dan Penyimpanan.
  4. Setelah itu pada keterangan Media Auto-Download atau Unduh Otomatis Media, pilih menu When Using Mobile Data atau Saat Menggunakan Data Seluler. Ada empat jenis file seperti foto, audio, video, dan dokumen.
  5. Agar tidak menyimpan secara otomatis di galeri ponsel Anda, maka hilangkan centang atau tidak mencentang semua foto, audio, video, dan dokumen lalu tap Oke.
  6. Lalu pada menu When Connected on Wi-Fi atau Saat Terhubung ke Wi-Fi, lakukan hal yang sama yaitu tidak mencentang atau menghilangkan centang foto, audio, video, dan dokumen.
  7. Tap atau klik Oke dan selesai.

Jika ingin menyimpan foto atau video yang terdapat di WhatsApp, Anda dapat mengunduh foto atau video tersebut, lalu menyimpannya secara manual. Cara ini akan menghemat memori ponsel Anda.

Simpanlah foto yang benar-benar penting agar tidak memenuhi memori Anda. Memori yang penuh dapat membuat handphone Anda bekerja lebih lambat dan performanya menurun. 

Anda juga bisa menghapus foto, video, audio, dan dokumen yang tidak diperlukan. Hapus foto atau file dengan cara menghapus percakapan di WhatsApp dan juga menghapus foto atau file yang sudah tersimpan di ponsel Anda.

Itulah cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel Anda.

Sumber: cnnindonesia

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Tambahkan Alamat di Google Maps

Pemilik Usaha Wajib Gunakan, Begini Cara Tambahkan Alamat di Google Maps

Ketahui Cara Hapus Cache & Cookie di Browser

Agar Browsing Tetap Nyaman, Ketahui Cara Hapus Cache & Cookie di Browser