in ,

Tersedia Kuota 57 Juta Orang, Begini Cara Pinjaman Tanpa Agunan di BRI


PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terus menggenjot kinerja kredit usaha rakyat (KUR) di tahun 2021.

Tak tanggung-tanggung, bank pelat merah ini menyasar 57 juta usaha ultra mikro yang minim akses pendanaan. Target tersebut dikhususkan bagi usaha ultra mikro agar bisa diberikan fasilitas pinjaman murah via layanan digital, tanpa agunan.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, saat ini baru sekitar 20 persen usaha ultra mikro yang memiliki akses pembiayaan.

“Mudah-mudahan kita bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya yang semurah mungkin,” kata Sunarso sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Senin (8/2/2021).

Dia menjelaskan, usaha ultra mikro berada di bawah usaha mikro, dengan ticket size-nya di bawah Rp 10 juta. Tenor pinjaman bisa lebih pendek, karena banyak dari pelaku usaha ultra mikro kebutuhan pinjamannya harian.

BRI menyasar usaha ultra mikro karena bagian dari strategi BRI untuk menumbuhkan sumber-sumber pertumbuhan baru. Selain itu, BRI juga mendorong nasabah mikro dan kecil untuk naik kelas

Menurut Sunarso, selama ini sekitar 5 juta pengusaha ultra mikro mencari sumber pendanaan dari loan shark atau rentenir dengan bunga tinggi, 7 juta dari kerabat, dan 18 juta lagi masih bingung harus kemana mencari pinjaman.

“Kita mencari sasaran yang lebih kecil, tapi jumlahnya banyak. Prosesnya memang harus digital, pelayanan melalui platform digital supaya cepat,” ujar Sunarso.

Hal: First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jelang Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Cara Atasi Gagal Unggah KTP di www.prakerja.go.id

Target 1 Juta Mahasiswa, Ini Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah 2021