Selain Aplikasi Dana, Ini Deretan Aplikasi untuk Cek Saldo Rekening hingga Transfer Uang Gratis

  • Bagikan
Selain Aplikasi Dana, Ini Deretan Aplikasi untuk Cek Saldo Rekening hingga Transfer Uang Gratis

Nurnajma.com – Hampir semua masyarakat memiliki rekening atau menjadi nasabah bank untuk berbagai kebutuhan bisnis dan transaksi.

Namun, kemudahan bertransaksi khususnya bagi nasabah bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus siap menjalani aturan baru.

Nasabah bank pemerintah, mulai 1 Juni 2021 tak lagi bisa menikmati gratis saldo rekening di seluruh jaringan ATM Link. Akan ada pengenaan biaya 2.500 per transaksi cek saldo.

Tak hanya itu, tarik tunai di jaringan ATM Link akan dikenakan biaya Rp 5.000. Kebijakan ini berlaku bagi nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Keempat bank ini sebelumnya menggratiskan biaya cek saldo dan tarik tunai pada ATM Link di seluruh Indonesia.

Biaya admin ini tentu akan berdampak bagi nasabah yang memiliki tabungan pas-pasan di rekening.

Tapi, ada solusi untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang sudah ada saat ini.

Kini, banyak platform aplikasi keuangan fintech telah menawar fitur transfer antarbank tanpa biaya admin.

Meski tak semua, tapi aplikasi sangatlah cocok untuk Anda yang sering bertransaksi melalui internet banking atau channel pembayaran elektronik lainnya.

Tribunnews merangkum 5 rekomendasi aplikasi transfer antarbank tanpa biaya admin yang bisa Anda gunakan di smartphone. Berikut aplikasinya:

1. LinkAja

Transformasi e-wallet yang semula bernama T-Cash ini telah diluncurkan sejak Juni 2019 lalu. Aplikasi LinkAja merupakan gabungan layanan perbankan atau transaksi elektronik melalui Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BTN serta bumn lainnya.

Melalui LinkAja, Anda bisa menikmati layanan transfer ke seluruh bank BUMN secara gratis. Tapi, Anda wajib melakukan meng-upgrade akun Anda menjadi akun Full Service.

LinkAja juga memberlakukan minimal nominal transfer sebesar Rp 10 ribu.

2. DANA

DANA adalah salah satu dompet digital milik grup EMTEK yang menawarkan fitur mengirim uang ke rekening bank tanpa biaya admin.

Layanan itu bisa dinikmati apabila Anda telah memiliki akun premium atau sudah melakukan upgrade.

Gratis transfer diberikan DANA sebanyak 10x transfer gratis ke bank lain setiap bulannya. Hanya saja, jumlah nominal yang harus dikirimkan minimal sebesar Rp50 ribu.

3. Transfez

Transfez merupakan aplikasi global yang memberikan layanan transfer antarbank tanpa biaya admin. Aplikasi kerap digunakan penggunanya yang hobi jalan-jalan kke luar negeri.

Hal itu karena aplikasi ini memiliki keunggulan dalam mentransfer uang antar negara dan memungkinkan Anda untuk mentransfer uang ke lebih dari 47 negara.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Play Store dan iOS bagi pengguna iPhone.

4. Flip

Satu lagi aplikasi asal Indonesia yang sempat menyedot perhatian milenial yang hobi bertransaksi cashless, Flip.

Aplikasi ini menyediakan layanan bebas transfer dari dan ke bank BCA, BNI, Bank Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BRI Syariah, BNI Syariah, Mandiri Syariah (Bank Syariah Indonesia / BSI), CIMB Niaga Syariah, Muamalat, Permata, Permata Syariah, DBS, dan Digibank.

Layanan transfer Flip memiliki limit di tiap transaksinya. Pengguna akun reguler hanya bisa melakukan transfer maksimal Rp 5 juta, sedangkan akun Flip+ bisa transfer hingga Rp 20 juta.

Sayangnya, layanan transfer bebas biaya dari Flip tidak beroperasi selama 24 jam alias ada jam-jam tertentu di mana transasksi tersebut bebas biaya admin.

5. OY! Indonesia

OY! Indonesia merupakan aplikasi fintech yang berdiri sejak 2016 dan dikembangkan oleh anak bangsa.

Untuk menikmati layanan transfer bebas biaya admin, Anda hanya perlu menghubungkan akun bank Anda dengan aplikasi ini. OY! Indonesia juga telah terdaftar dan terlisensi oleh Bank Indonesia, sehingga Anda tidak perlu ragu mengenai soal keamanan.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk transfer ke 12 negara ke 12 seperti Inggris, Prancis, Belanda, Korea Selatan, India, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Australia. 

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *