Perbedaan Google Workspace dan Google Spaces

  • Bagikan
Perbedaan Google Workspace dan Google Spaces

Google telah membuat langkah signifikan terkait kolaborasi di tempat kerja, tidak hanya di mesin pencari. Perusahaan memiliki beberapa aplikasi dan fitur yang dapat digunakan tim untuk meningkatkan alur kerja mereka, banyak di antaranya mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain.

Dua platform kolaborasi Google yang paling terkenal adalah Workspace dan Spaces. Banyak orang sering membingungkan keduanya, jadi bagaimana mereka berbeda satu sama lain? Mari lihat.

Apa itu Google Workspace?

Google membuat fitur Workspace tersedia untuk semua orang bahkan pengguna dengan paket gratis—pada Juni 2021. Singkatnya, Workspace adalah nama kolektif untuk semua platform perangkat lunak manajemen proyek Google.

Ini termasuk:

  • Gmail
  • google Drive
  • Google Docs
  • Hangouts dan Meet juga merupakan bagian dari Google Workspace, seperti halnya berbagai aplikasi lainnya.

Sebelum melakukan rebranding ke Workspace, Anda mungkin telah mengenal platform yang mencakup semua ini sebagai G Suite yang diluncurkan pada tahun 2006. Google mengubah nama pada tahun 2020 karena ingin mengubah pola pikir pengguna G Suite dari kumpulan aplikasi ke solusi terintegrasi.

Pada saat penulisan pada Agustus 2021, Google Workspace tidak memiliki satu aplikasi seluler. Namun, ia memiliki satu yang dapat Anda akses melalui browser web Anda, dan Anda dapat mengakses aplikasi individual seperti Gmail dari ponsel cerdas Anda.

Apa itu Google Space?

Awalnya, Google Spaces adalah salah satu dari banyak proyek berumur pendek Google. Diluncurkan pada tahun 2016, Google mendesain Spaces untuk memberi tim tempat yang mudah untuk berbagi folder, tautan, dan lainnya.

Tapi bukankah itu mirip dengan Google Drive? Yah, tidak. Sama sekali tidak. Alih-alih berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file dan folder, maksud Google dengan Spaces adalah untuk memungkinkan tim berbagi dokumen penting dan mengobrol satu sama lain.

Dengan Spaces, pengguna dapat membuat “Space” dan mengundang pengguna untuk bergabung di sana. Di setiap Space, pengguna kemudian dapat berkomunikasi sesuka mereka.

Google memilih untuk menghentikan versi asli Spaces satu tahun setelah peluncurannya.

Namun, kenyataannya adalah bahwa Google Spaces versi 2021 tidak terlalu berbeda dari senama sebelumnya. Di Spaces versi baru, Anda dapat terus berinteraksi secara real-time dengan partner proyek Anda. Selain itu, Anda dapat berbagi file dan membuat tugas ditambah melakukan berbagai tindakan lainnya.

Google Workspace dan Google Spaces: Perbedaan Utama

Jadi, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu Google Workspace dan Spaces. Anda juga tahu bahwa meskipun terdengar mirip dari luar, kedua platform tersebut memiliki (atau memiliki) kegunaan yang sangat berbeda.

Untuk melihat betapa berbedanya mereka, mari kita bagi menjadi beberapa bagian—yang akan Anda temukan di bawah.

Target Pemirsa

Baik versi baru maupun lama Spaces berfokus pada komunikasi internal yang cepat. Di dalam ruang mereka, pengguna dapat berbagi berbagai hal untuk mendapatkan jawaban yang lebih cepat, daripada melakukan hal yang sama di, katakanlah, utas email.

Meskipun niat Google dengan Workspace sebagian adalah untuk membantu tim meningkatkan alur kerja mereka secara internal, itu bukan satu-satunya tujuan platform. Workspace membantu pengguna menjadi lebih produktif di semua area kerja dan belajar, tidak terbatas pada Google saja.

Ruang kerja melayani tim dan individu. Sementara satu pengguna mungkin menggunakan Google Drive untuk berbagi folder dengan orang lain, pengguna lain mungkin ingin menyimpan semua dokumen mereka di tempat yang sama untuk diri mereka sendiri.

Integrasi Aplikasi

Penting untuk diingat bahwa Google Workspace sendiri merupakan platform lengkap untuk menyatukan semua aplikasi Google Anda. Namun, Anda juga dapat mengintegrasikan banyak aplikasi di ekosistem ini dengan platform pihak ketiga di tempat lain.

Salah satu contoh solusi yang dapat Anda gunakan bersama dengan Google Workspace adalah solusi manajemen proyek monday.com. Dengan sistem ini, Anda memiliki kesempatan untuk mengintegrasikan Google Drive dan Kalender Anda.

Platform lain yang mengintegrasikan aplikasi dari Google Workspace termasuk platform pelacakan penjualan populer Salesforce dan solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) HubSpot.

Di sisi lain, Google Spaces lebih merupakan fitur asli. Jika Anda memperhatikan bahwa antarmuka dan idenya mirip dengan layanan perpesanan seperti Slack dan layanan perpesanan instan lainnya, itu karena itu adalah cara Google bersaing dengan solusi ini.

Sebagai fitur dalam aplikasi, Spaces lebih berfokus pada integrasi aplikasi Google lainnya. Anda dapat melihat ini dengan cara berbagi rapat dari Google Kalender, dokumen Spreadsheet, dan sebagainya.

Interface

Baik Anda menggunakan Google Workspace, Spaces, atau keduanya, Anda akan melihat bahwa Anda tidak akan mengalami terlalu banyak kesulitan menggunakan keduanya. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik opsi aplikasi Google di bilah alat email untuk mengakses aplikasi Anda. Anda akan melihat ini dengan ikon dengan sembilan titik tersebar di tiga baris tiga.

Adapun Spaces, Google telah menata antarmuka dengan cukup baik. Di setiap Spaces, Anda dapat memilih apakah ingin bernavigasi di antara obrolan grup, file, dan tugas. Saat Anda membuka folder, Anda akan melihat ini di sisi kanan layar Anda.

Tujuan

Bisa dibilang perbedaan paling signifikan antara Workspace dan versi lama dan baru dari Spaces adalah alasan Google membuatnya. Meskipun keduanya fokus pada kolaborasi, niat di balik Workspace lebih untuk menghindari kewalahan dan membantu tim menyimpan aplikasi mereka sebanyak mungkin di satu tempat.

Di sisi lain, Google Spaces adalah bagian dari platform perpesanan instan dan lebih berfokus pada kolaborasi waktu nyata. Tim menggunakan fitur ini untuk berbagi dokumen penting dengan cepat dan mengobrol tentang topik yang tidak memerlukan utas panjang di Gmail.

Perbedaan lain dalam tujuan penggunaan Google Workspace dan Spaces adalah bahwa Workspace meningkatkan kapasitas untuk menyimpan dokumen dan mengarahkan kembali ke berbagai hal untuk referensi di masa mendatang. Misalnya, tim dapat menggunakan Google Drive untuk membuat file dan folder yang dapat diakses sementara Anda juga dapat mengarsipkan email.

Google Workspace dan Spaces

Jadi, di sana kita memilikinya. Sekarang, Anda tahu perbedaan antara Google Workspace dan Google Spaces. Dengan Workspace, Google telah menyempurnakan penawaran G Suite-nya untuk menciptakan cara yang mudah digunakan untuk menggunakan aplikasinya dengan lebih sedikit gesekan.

Tim dapat meningkatkan produktivitas tanpa perlu membuka lusinan tab dan aplikasi, serta mengintegrasikan aplikasi favorit mereka dengan platform lain.

Spaces hanyalah satu fitur dalam aplikasi yang lebih luas, tetapi juga dapat menawarkan cara terbaik bagi tim untuk berbagi dokumen dan informasi dengan cepat. Baik Ruang Kerja dan Ruang memiliki fungsi masing-masing, dan jika Anda bertanya-tanya apakah Anda harus menggunakan satu atau yang lain, jawabannya mungkin keduanya.

  • Bagikan