in

Pentingnya Penggunaan VPN untuk Pengamanan Digital

Nurnajma.com – VPN dapat berarti merupakan suatu fitur di dalam sebuah komputer yang dapat memungkinkan kita untuk dapat melakukan pengaksesan informasi di dalam internet secara aman.

VPN juga merupakan salah satu fitur yang mendukung keamanan dalam melakukan browsing dan juga surfing, serta kegiatan lainnya yang menggunakan koneksi internet.

Inilah fungsi VPN yang jarang diketahui orang, seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

Prinsip dan Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN pada dasarnya adalah dengan membuat jaringan di dalam jaringan, atau sering juga disebut tunneling.

Hal ini bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan struktur jaringan lain. Hal ini dapat juga membuat kita mengakses dengan mudah situs-situs yang diblokir.

Umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Hal ini sangat berbeda bila kita menggunakan VPN. VPN nantinya akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Pengguna melakukan koneksi dengan internet mirip seperti menggunakan jaringan lokal pribadi, sehingga lebih aman dan juga bisa mengakses banyak situs dari internet. Itulah kira-kira bagaimana cara VPN dapat bekerja di dalam komputer kita.

Hal: First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fungsi Utama VPN di Suatu Jaringan

Apa Fungsi Utama VPN di Suatu Jaringan? Bagaimana Cara Kerjanya?

Tak mau Kalah, Oppo Bakal Hadirkan Smartphone Lipat, Ini Bocorannya