in

Cara Kerja Fitur Widget Windows 11 Terbaru

Cara Kerja Fitur Widget Windows 11 Terbaru

Pada Windows 11 ada tombol widget baru di taskbar yang membuka menu dengan akses cepat ke cuaca, lalu lintas, berita, skor olahraga, dan banyak lagi. Inilah cara kerjanya.

Apa Itu Widget?

Dalam perangkat lunak komputer, widget biasanya merupakan aplikasi grafis kecil yang dirancang untuk referensi cepat informasi seperti cuaca, skor olahraga, dan berita. Widget sering (tetapi tidak selalu) disajikan secara terpisah dari aplikasi biasa di sistem operasi, terkadang di layarnya sendiri atau di bilah sisi atau menunya sendiri. Mereka sering tetap berjalan di latar belakang saat melakukan tugas lain, sehingga Anda dapat memeriksanya dengan cepat tanpa harus menunggu aplikasi besar dimuat.

Di Windows Vista dan Windows 7, Microsoft menyebut widget sebagai “Gadget” dan menyajikannya dalam aplikasi Windows Sidebar khusus. Mereka tidak pernah sangat populer dan akhirnya mendapatkan kapak karena masalah keamanan. Di Windows 11, widget bekerja secara berbeda dan hidup di menu khusus yang dapat diakses dari bilah tugas.

Cara Mengakses Widget di Windows 11

Untuk mengakses menu widget di Windows 11, Anda mengklik tombol widget di taskbar. Itu terlihat seperti persegi panjang biru dengan persegi panjang putih dan cyan bulat di dalamnya.

Setelah mengklik tombol taskbar, menu widget akan muncul. Anda akan melihat berbagai widget yang ditampilkan secara default—biasanya Cuaca, saham, skor olahraga, Foto, atau Lalu Lintas.

Di bagian paling atas, melakukan pencarian di bilah pencarian akan membuka pencarian web Bing di browser Edge. Di bawah widget, Anda akan melihat bagian yang dikhususkan untuk Bing News yang saat ini tidak dapat Anda nonaktifkan.

Berikut daftar widget yang saat ini tersedia di Windows 11 Insider Preview awal:

  • Cuaca: Kondisi cuaca Anda saat ini dan ramalan cuaca.
  • Watchlist: Daftar nilai saham saat ini. Anda dapat menambahkan simbol ticker untuk menyesuaikan daftar.
  • Kalender: Kalender kecil yang menunjukkan prospek hari dan minggu saat ini bersama dengan acara mendatang.
  • To Do: Daftar tugas tempat Anda dapat menambahkan item dan memeriksanya saat selesai.
  • Foto: Menampilkan foto yang ditautkan ke akun Microsoft Anda dalam kotak kecil.
  • Kiat: Ini menunjukkan kiat yang membantu Anda menggunakan Windows 11 dan aplikasi Microsoft seperti Edge dengan lebih baik.
  • Olahraga: Skor dan hasil olahraga terkini. Anda dapat memasukkan nama tim untuk menyesuaikan daftar.
  • Lalu Lintas: Menampilkan peta kecil di atas kepala dengan kondisi lalu lintas di wilayah Anda.
  • Hiburan: Daftar rilis terbaru yang ditautkan ke film atau acara TV yang dapat Anda beli di Microsoft Store.
  • Esports: Skor dan hasil eSports terbaru.

Microsoft mungkin menghapus beberapa widget ini atau menambahkan lebih banyak lagi sebelum rilis penuh Windows 11 pada musim gugur 2021. Akhirnya, widget pihak ketiga mungkin tersedia, tetapi Microsoft belum memberikan detail apa pun tentang cara kerjanya.

Mengkonfigurasi Menu Widget di Windows 11

Untuk menambahkan widget ke menu di Windows 11, Anda dapat mengklik avatar profil Anda di sudut kanan atas menu widget atau gulir ke bawah dan klik tombol “Tambah Widget”.

Jendela “Pengaturan Widget” akan terbuka yang memungkinkan Anda untuk menambahkan (tetapi tidak menghapus) widget ke menu. Dalam daftar “Tambah Widget”, klik widget yang ingin Anda tambahkan.

Di menu yang sama ini, Anda juga dapat mengelola umpan berita menu widget dengan mengeklik “Kelola berita dan minat Anda” di bagian bawah jendela. Ini akan membuka situs web MSN khusus di browser Edge tempat Anda dapat memilih topik yang mungkin ingin Anda baca. Setelah selesai, tutup browser Edge dan tutup jendela “Pengaturan Widget”.

Untuk menghapus widget dari menu, klik menu elips tiga titik di sudut kanan atas widget yang ingin Anda hapus. Di menu yang muncul, pilih “Hapus Widget.”

Dengan menggunakan menu tiga titik yang sama, Anda juga dapat menyesuaikan widget (misalnya, menambahkan saham, tim olahraga, atau mengubah lokasi cuaca) dan mengubah ukuran widget di menu widget. Untuk menutup menu widget setelah selesai, klik di luar menu atau klik tombol widget di taskbar lagi.

Jika Anda ingin menghapus tombol widget dari bilah tugas, klik kanan ikon widget dan pilih “Sembunyikan Dari Taskbar.” Untuk mendapatkannya kembali, klik kanan bilah tugas dan pilih “Pengaturan Taskbar”, lalu putar sakelar di sebelah “Widget” di bagian “Item Taskbar” ke “Aktif.”

Secara keseluruhan, menu widget saat ini beroperasi sangat mirip dengan menu taskbar “Berita dan Minat” yang baru-baru ini memulai debutnya di Windows 10. Tampaknya cukup kasar dan juga tampaknya dirancang khusus untuk mengarahkan pengguna Windows ke produk Microsoft seperti Bing, MSN News , dan Ujung. Namun, masih ada banyak waktu untuk ditingkatkan—mungkin dengan mengizinkan layanan non-Microsoft masuk ke bilah widget—tetapi hanya waktu yang akan membuktikannya.

Langkah Cek Daftar Yang menerima BLT UMKM Tahapan 3

Langkah Cek Daftar Yang menerima BLT UMKM Tahapan 3

5 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis di Media Sosial

5 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis di Media Sosial