Lokasi di Indonesia yang Sudah bisa Akses Jaringan Internet 5G Telkomsel & Indosat

  • Bagikan
Lokasi di Indonesia yang Sudah bisa Akses Jaringan Internet 5G Telkomsel & Indosat

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memberikan izin dari dua operator seluler untuk menyelenggarakan layanan 5G di sejumlah area di Indonesia yaitu Telkomsel dan Indosat terakhir.

Kementrian mengungkapkan bahwa kedua operator ini menerima sertifikat operasi (SKLO) untuk pemasaran layanan 5G. Didasarkan pada implementasi uji operasi (ULO).

Dengan publikasi Sklo 5G, katanya menunjukkan fasilitas dan infrastruktur untuk memuat jaringan 5G dari dua operator yang siap dieksploitasi.

Pada akhir Mei, Telkomsel menerbitkan layanan 5G pertama di Indonesia. Sedikit waktu, diikuti oleh Indosat Oredoo pada Senin (14/6).

Pada generasi 5g , itu harus menyediakan layanan untuk mendukung industri dan masyarakat di masa depan, serta perkembangan kecerdasan dan IOT,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate (14/6).

5G Indosat

Frekuensi yang dipakai: 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz dengan lebar pita 20 Mhz dalam rentang 1.837,5 Mhz sampai 1.857,5 Mhz

Wilayah operasional:

Jakarta,

Solo,

Surabaya,

Makassar.

5G Telkomsel

Frekuensi yang dipakai: Telkomsel memanfaatkan 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane.

Wilayah operasional:

DKI Jakarta,

Surabaya,

Makassar,

Bali,

Batam,

Medan,

Solo,

Balikpapan, dan

Bandung.

Telkomsel merinci sebaran 5G untuk wilayah DKI Jakarta, terdapat di beberapa wilayah seperti Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Kemudian GraPARI Bandara Soekarno Hatta.

Cara aktifkan 5G:

  1. Bagi pengguna yang ingin menikmati layanan 5G, disarankan untuk memastikan beberapa hal berikut:
  2. Menggunakan kartu bertipe uSIM atau kartu SIM dengan jaringan 4G
  3. Berada di lokasi yang sudah dapat layanan jaringan 5G yang disebut.
  4. Tidak lupa untuk menggunakan ponsel pintar yang telah mendukung jaringan dan layanan 5G dan mendukung frekuensi 5G yang digunakan oleh operator seluler di Indonesia.
  5. Telkomsel menyatakan saat ini nomor ponsel pelanggannya telah diaktifkan fitur jaringan 5G secara otomatis. Meski begitu, aktivasi tersebut masih dilakukan kepada penggunanya secara bertahap.
  6. Jika ingin mengaktifkan fitur 5G pada nomor, pengguna juga dapat mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G.

Sumber: cnnindonesia.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *