Fitur Google Photos Terbaru Memungkinkan Anda Simpan Foto Paling Aman

  • Bagikan
Fitur Google Photos Terbaru

Google Photos sebenarnya adalah layanan yang sangat membantu pengguna HP, tak cuma Android melainkan juga iPhone. Namun ada satu fitur yang selama ini tak ada, yaitu menyimpan foto tertentu agar tak bisa diakses oleh orang lain.

Selama ini, foto yang tersimpan di Google Photos bisa diakses semua orang yang punya akses ke akun Google-nya. Alhasil semua foto bisa dilihat oleh orang lain, misalnya saat anda tengah meminjamkan HP ke orang lain untuk menunjukkan foto yang dimiliki.

Nah, di I/O 2021, Google memamerkan fitur baru bernama Locked Folder di Photos. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyimpan foto tertentu yang tak ingin dilihat orang lain ke dalam folder khusus.

Folder tersebut hanya bisa dibuka dengan menggunakan sidik jari atau PIN, atau sistem keamanan lain yang ada pada HP, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (19/5/2021).

Foto yang tersimpan di Locked Folder ini juga tak akan muncul di aplikasi galeri lain yang ada di HP. Anda tak perlu lagi khawatir atau bahkan ketakutan saat teman yang sedang melihat-lihat foto itu akan men-scroll ‘terlalu jauh’ dan melihat foto yang tak ingin anda tunjukkan.

Apple Photos sebenarnya juga punya fitur semacam ini, namanya hidden album, namun bedanya album tersebut tidak dilindungi oleh password atau sistem keamanan lain.

Sayangnya, meski fitur ini terlihat sederhana dan sudah ditawarkan oleh beberapa aplikasi lain — termasuk fitur Secure Folder di HP Samsung Galaxy –, Google baru akan memberikan fitur Locked Folder ini di jajaran HP Google Pixel dalam waktu dekat, dan jajaran HP Android buatan pabrikan lain dalam beberapa waktu ke depan.

Belum diketahui apakah fiturnya juga akan tersedia di Google Photos untuk platform lain, misalnya iOS.

Locked Folder adalah satu dari beberapa pembaruan yang dipamerkan Google dalam ajang I/O 2021 yang digelar dari 18 sampai 20 Mei.

Artikel ini telah tayang di detik.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *