Cara Upgrade Penyimpanan di Google Photos, Mau Coba Penyimpanan di Cloud Lain?

  • Bagikan
Cara Upgrade Penyimpanan di Google Photos, Mau Coba Penyimpanan di Cloud Lain

Nurnajma.com – Pada November 2020 lalu, Google mengumumkan akan menghentikan benefit ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) gratis untuk menyimpan foto dan video “high quality” di layanan Google Photos.

Penghentian benefit tersebut akan berlaku mulai 1 Juni mendatang. Lantas apa yang perlu dilakukan pengguna Google Photos?

Untuk diketahui, seluruh foto dan video yang diunggah sebelum tanggal tersebut, masih akan tersimpan dengan opsi penyimpanan unlimited di Google Photos. Sehingga tidak akan mengurangi penyimpanan gratis bawaan Google yang sebesar 15 GB.

Nah, untuk foto dan video “high quality” yang diunggah ke Google Photos setelah tanggal 1 Juni inilah, yang akan disimpan dengan menggunakan kapasitas penyimpanan gratis bawaan Google yang sebesar 15 GB.

Untuk itu, pengguna perlu melakukan beberapa hal, mulai dari mengecek sisa kapasitas penyimpanan gratis bawaan, mencari alternatif platform penyimpanan lainnya, hingga mencadangkan dan mengekspor file.

Cek sisa kapasitas penyimpanan gratis

Google memberikan benefit penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang bisa digunakan di berbagai layanannya, seperti Gmail, Google Drive, Google Photos, dan sebagainya.

Untuk itu, sebelum kebijakan benefit penyimpanan unlimited Google Photos dicabut, ada baiknya pengguna mengecek sisa kapasitas penyimpanan gratis.

Cara termudahnya ialah dengan mengakses tautan berikut ini. Dengan mengetahui sisa kapasitas penyimpanan gratis, pengguna bisa lebih bijak mengelola foto dan video yang diunggah.

Misalnya, apabila tetap ingin menggunakan Google Photos setelah tanggal 1 Juni, pengguna bisa mengosongkan penyimpanan dengan menghapus file berukuran besar dan yang sudah tidak terpakai di Gmail dan Drive.

Dengan begitu, pengguna akan memiliki memberi ruang penyimpanan yang lebih luas lagi untuk menyimpan foto dan video “high quality”.

Menurut Google, setiap foto “high quality” membutuhkan ruang setidaknya sekitar 1 MB sampai 4 MB. Jadi secara kasar, pengguna membutuhkan 1 GB untuk menyimpan sekitar 300 foto high quality di Google Photos.

Platform alternatif Menurut Google, 80 persen pengguna Google Photos tidak akan menyentuh kapasitas 15 GB setidaknya hingga 10 tahun. Namun, bila pengguna membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih dari untuk menyimpan foto dan video, ada beberapa opsi yang dapat dipilih.

Penyimpanan Cloud untuk Android dan iPhone

1. Penyimpanan untuk Pengguna Android

Berlangganan Google One, Pengguna bisa membeli kapasitas penyimpanan tambahan di Google One dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas ekstra 100 GB. Informasi paket dan harga Google One bisa dilihat di tautan berikut.

2. Penyimpanan Untuk pengguna iPhone

iCloud bisa dimanfaatkan untuk menyimpan foto dan video di penyimpanan cloud. Ini karena iCloud menyediakan benefit penyimpanan gratis sebesar 5 GB.

Namun, perlu diingat pula, kapasitas gratis iCloud itu juga digunakan untuk menghosting iPhone dan Macbackup, obrolan iMessage, dan kata sandi pengguna. Jadi pengguna juga perlu mengelola kapasitas penyimpanan iCloud sedemikian rupa agar bisa menyimpanan foto dan video secara leluasa.

Atau pilihan lainnya adalah dengan menambahkan kapasitas penyimpanan iCloud sebesar 50 GB dengan harga sekitar Rp 14.200 per bulannya. Dengan begitu, pengguna iPhone bisa menyimpan foto, video, cadangan file, dan dokumen lainnya pada satu platform sekaligus.

Penyimpanan Cloud Lain

1. Penyimpanan di Dropbox

Dengan benefit penyimpanan gratis 2 GB, pengguna juga bisa memanfaatkan Dropbox untuk menyimpan foto atau video miliknya. Dropbox juga bisa mencadangkan gambar dari perangkat iOS, Android, Windows, dan Mac pengguna.

Bila dirasa kurang, pengguna bisa berlangganan paket profesional dengan harga mulai dari Rp 143.800 untuk kapasitas penyimpanan 2 TB. Keempat,

2. Penyimpanan di Flickr

Dengan platform ini, pengguna bisa menyimpan 1.000 gambar high quality tanpa perlu khawatir soal penyimpanan. Bila, pengguna ternyata memiliki lebih dari 1.000 foto atau video yang perlu disimpan, pengguna bisa berlangganan paket pro dengan harga sekitar Rp 86.200 per bulan.

Dengan paket pro ini, pengguna akan memiliki kapasitas penyimpanan tanpa batas (unlimited) dan bisa mengunggah foto dan video dalam beragam kualitas.

3. Penyimpanan di ImageShack

Sebenarnya, ImageShack tidak memiliki benefit kapasitas penyimpanan gratis. Namun, dengan ImageShack, pengguna bisa memiliki kapasitas penyimpanan tanpa batas (unlimited) dengan harga yang lebih murah, yakni sekitar Rp 57.400 per bulan atau Rp 547.000 per tahun.

4. Penyimpanan di OneDrive

Layanan penyimpanan cloud dari Microsoft ini memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpanan foto dan video pengguna.

Bila dirasa kurang, pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan 1 TB dengan harga Rp 1.007.455 per tahun. Dengan layanan ini, pengguna juga bisa mendapatkan akses ke beberapa aplikasi Office Mircosoft seperti Excel, Word, dan Powerpoint.

Mencadangkan dan ekspor file

Mencadangkan data di Google Photos.(TheNextWeb)

Apabila pengguna ternyata akhirnya memutuskan untuk berhenti menggunakan layanan Google Photos karena ingin menggunakan layanan penyimpanan cloud lain, pengguna bisa mencadangkan dan mengekspor data miliknya dengan mudah.

  • Buka Google Foto di desktop Klik “Pengaturan” > “Ekspor data” > “Cadangkan arsip data” Klik “pencadangan”
  • Pilih data Google Photos yang akan dicadangkan Pilih metode pengiriman (link download, Drive, Dropbox, OneDrive, dsb)
  • Pilih frekuensi ekspor (satu kali atau enam kali) Pilih jenis (zip atau .tgz) dan ukuran file (rentang 1-50 GB) Terakhir klik “Buat ekspor”.

Proses mencadangkan file ini akan memakan waktu beberapa jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Google Photos Unlimited Gratis Berakhir 1 Juni, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna
Penulis : Galuh Putri Riyanto
Editor : Yudha Pratomo

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *