in ,

Cara Mengetahui Data Penduduk yang Bocor dan Beredar di Internet

Cara Mengetahui Data Penduduk yang Bocor dan Beredar di Internet

Nurnajma.com – Kasus 279 juta data penduduk Indonesia yang bocor menunjukkan bahwa data pribadi semakin tidak aman di era dunia digital.

Sayangnya, banyak warga berjuluk +62 sampai saat ini tidak sadar ataupun mengerti ketika data pribadinya, berupa email, kata sandi, hingga nomor ponsel, telah dicuri peretas dan dijual.

Untuk mengetahui apakah data pribadi seperti email dan password pengguna sudah pernah bocor dan diperjualbelikan di internet bisa dilakukan dengan mengecek lima situs berikut.

1. Periksa Data

Pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, mengklaim telah membuat situs yang dapat mendeteksi data seseorang bocor atau tidak. Website yang dilengkapi tools khusus ini dinamai periksadata.com.

Anda tinggal memasukkan email pada kolom yang tersedia. Situs itu akan langsung memberikan informasi mengenai data milik Anda, apakah pernah bocor atau tidak.

2. Firefox Monitor

Situs cek peretasan besutan peramban Firefox dengan alamathttps://monitor.firefox.com/ini memungkinkan pengguna mengecek apakah email dan kata sandi telah bocor. Sama seperti situs cek peretesan pada umumnya, Anda tinggal memasukkan email Anda.

Di situs itu, Anda juga bisa langsung melakukan pengecekan ke akun secara spesifik. Dengan memilih navigasi ‘Breaches’ di sebelah ‘Home’, Anda bisa melihat kebcoran-kebocoran yang dialami oleh layanan digital mulai dari e-commerce hingga dompet digital.

3. Have I Been Pwned?

Hal: 1 | 2

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berikut Zodiak Capricorn dan Cancer Besok Selasa 25 Mei 2021

Berikut Zodiak Capricorn dan Cancer Besok Selasa 25 Mei 2021

Deretan Ancaman Data Penduduk yang Diduga di Retas

Deretan Ancaman Data Penduduk yang Diduga di Retas