Bagaimana Keunggulan Prosesor Google Tensor Buatan Google?

  • Bagikan
Bagaimana Keunggulan Prosesor Google Tensor Buatan Google

Jika pernah berbelanja smartphone, mungkin anda tahu nama “Qualcomm Snapdragon.” Sebagian besar ponsel Android ditenagai oleh Qualcomm. Tapi sekarang Google telah membuat prosesor sendiri dan itu disebut “Tensor.”

Google bergabung dengan jajaran Apple dan Samsung, pada tingkat yang lebih rendah sebagai pembuat telepon yang juga memproduksi prosesornya sendiri. Biasanya, perusahaan seperti OnePlus, LG, dan bahkan Samsung, memproduksi ponsel yang menggunakan prosesor dari Qualcomm atau Mediatek.

Mengikuti Apple’s Lead

Apple telah membuat prosesor sendiri untuk iPhone sejak awal. Perusahaan bahkan mentransisikan komputer Mac ke chipnya sendiri. Ini memungkinkan Apple untuk melakukan hal-hal dengan iPhone yang tidak mungkin dilakukan jika mereka menggunakan chip lain. Ini adalah tingkat integrasi yang sangat dalam antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Google secara historis dikenal dengan perangkat lunaknya, tetapi ponsel Pixel dan perangkat seperti Google Nest Mini adalah langkah pertama perusahaan untuk membuat perangkat fisiknya sendiri. Sekarang, mengikuti langkah Apple dan membuat komponen penting untuk perangkat tersebut.

Apa itu Google Tensor?

Dalam definisi paling dasar, Google Tensor hanyalah sebuah “system-on-chip” (SoC) atau yang biasa disebut sebagai “prosesor.” Ini sama dengan Qualcomm Snapdragon 888 atau Apple A14 Bionic. Ini semua adalah chip yang memberi daya pada perangkatnya masing-masing.

“Daya” adalah tujuan prosesor yang sangat disederhanakan. Chip Google Tensor juga berkontribusi pada pemrosesan foto dan video, terjemahan suara-ke-suara, dan banyak lagi. Tensor akan memungkinkan perangkat untuk menjalankan lebih banyak pembelajaran mesin dan tugas AI tanpa terbakar.

Jika Anda tertarik dengan spesifikasi seluk beluk chip Google Tensor, kami tidak mengetahui semua detailnya pada saat penulisan. Chip tersebut diduga 8-core, lima-nanometer, dan berbasis ARM.

  • Bagikan