Asal-usul Internet dan Situs Web

  • Bagikan
Asal-usul Internet dan Situs Web

Nurnajma.com – Pada 1989 lalu, seorang pemuda asal Inggris bernama Tim Berners-Lee menggagas proyek software berbasis hypertext bernama World Wide Web (WWW) guna memudahkan proses berbagi informasi antar ilmuwan di seluruh dunia.

Kini, proyek tersebut telah diadopsi oleh banyak orang dan menjadi fondasi untuk membuat sebuah situs web yang memiliki aneka ragam konten dan bisa diakses oleh orang banyak dengan mudah melalui internet.

Apabila dihitung dari dahulu hingga sekarang, umur internet yang digagas oleh Tim sudah berkisar 32 tahun. Lantas, berapa hari tepatnya?

Jawaban tersebut bisa ditemukan di situs web www.howoldistheinter.net yang akan menampilkan umur internet dalam format hari.

Berdasarkan situs web buatan perusahaan pengembang aplikasi web asal Inggris Tosbourn ini, internet ternyata sudah berumur 11.749 hari. Angka ini tentunya akan terus bertambah setiap harinya.

Umur internet ketika kita memasukkan tanggal lahir kita di situs howoldistheinter.net

Yang menarik, situs web tersebut juga bisa menampilkan berapa umur internet ketika kita lahir ke muka Bumi. Jika tanggal lahir kita 17 November 1992, misalnya, maka umur internet kala itu adalah 1.346 hari.

Nah, hasil input dari pengguna tersebut lantas bisa dibagikan ke jejaring sosial Facebook, Twitter, hingga LinkedIn untuk seru-seruan.

Perlu dicatat, situs ini menghitung jumlah hari sejak proyek World Wide Web tadi dirintis pertama kalinya oleh Tim.

Teknologi internet sendiri sejatinya diciptakan pertama kali oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) Departemen Pertahanan AS sekitar tahun 1960-an. Jika dikonversikan ke hari, maka umurnya sudah berkisar 18.000-an hari.

Menampilkan perjalanan internet

Selain menampilkan umur internet, situs ini juga menampilkan perjalanan penting (milestone) internet sejak pertama kali platform tersebut dirilis. Di hari ke-0 (nol), misalnya, proyek World Wide Web dirintis pada 1989 lalu oleh Tim.

Lalu pada hari ke-919, Linus Torvalds merilis ekosistem Linux yang kini dipakai sebagai fondasi dari berbagai sistem operasi (OS), seperti Android hingga ChromeOS.

Ada pula sejarah di mana situs-situs besar mulai dirilis di internet, seperti Yahoo yang dirintis ketika internet berumur 2.181 hari, Google yang bisa diakses ketika internet berumur 3.470 hari, hingga Facebook yang meluncur pada saat internet berumur 5.442 hari.

Sumber: tekno.kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *