in

Catat! Ini Daftar Aplikasi Bahaya Mesenger di Android

Catat! Ini Daftar Aplikasi Bahaya Mesenger di Android

Data baru dari Kaspersky mengungkapkan bahwa aplikasi perpesanan untuk perangkat Android adalah target yang sangat populer untuk scammer phishing. Dari semua upaya phishing pada platform perpesanan Android antara Desember 2020 dan Mei 2021, WhatsApp memimpin dengan 89,6% serangan yang terdeteksi.

Menurut penelitian yang dikutip oleh Kaspersky, aplikasi perpesanan mengambil alih platform media sosial sebagai alat komunikasi paling populer, dan akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Dengan mengingat hal itu, dapat dimengerti bahwa penjahat dunia maya semakin beralih ke mereka sebagai ruang untuk mencari korban phishing, kata analis konten web senior Kaspersky Tatyana Shcherbakova. Seiring dengan popularitas, banyak aplikasi perpesanan juga memiliki fitur yang membuat phishing lebih mudah bagi penyerang.

WhatsApp, sebagaimana dinyatakan di atas, adalah pemimpin yang luar biasa berdasarkan volume tautan berbahaya yang terdeteksi. Di tempat kedua adalah Telegram, dengan 5,6%, Viber, dengan 4,7%, dan Google Hangouts dengan kurang dari satu persen. Pengguna di Rusia, Brasil, dan India adalah target paling sering.

Viber dan Hangouts, menurut laporan tersebut, memiliki geografi yang sangat berbeda, dengan sebagian besar serangan terhadap pengguna Viber berasal dari Rusia, dan sebagian besar deteksi Hangouts berasal dari AS dan Prancis.

Di mana pun Anda berada atau aplikasi apa yang Anda gunakan, kemampuan untuk mendeteksi upaya phishing adalah keterampilan yang penting untuk dikembangkan. Kaspersky menyarankan agar semua orang yang online mengambil langkah-langkah berikut untuk menghindari menjadi korban phishing:

Awasi kesalahan ejaan atau penyimpangan dalam tautan

Scammers kadang-kadang akan menggunakan korban untuk mengirim link atas nama mereka agar terlihat lebih sah. Jangan mengirim tautan atau tautan mencurigakan dari orang yang tidak dapat Anda verifikasi.

Scammers menutupi diri mereka sendiri dengan berpura-pura dari bisnis yang sah, dan beberapa dari mereka menghubungi target dengan mencari informasi mereka dari sumber yang sah. Sumber mungkin tampak sah, tetapi tautan yang mereka kirim masih mengandung kesalahan ejaan dan tanda bahaya lainnya.

Pesan yang datang dari teman atau orang lain yang Anda kenal masih bisa berbahaya. Akun dapat dibajak, dan penerusan dari sumber jahat dapat terjadi secara tidak sengaja, jadi selalu waspada terhadap tautan dan lampiran.

Instal solusi keamanan di perangkat seluler. Meskipun perangkat itu sendiri cukup terlindungi dari pengambilalihan, tautan memancing dan aplikasi berbahaya dapat mencuri informasi yang tersimpan di perangkat.

Kode Redeem Genshin Impact 2.0 Bulan Juli 2021, Claim Hadiah Primogem dan Mora

Kode Redeem Genshin Impact 2.0 Bulan Juli 2021, Claim Hadiah Primogem dan Mora

Tips Investasi Cryptocurrency secara Aman

5 Tips Investasi Cryptocurrency secara Aman