13 Fitur di iOS 15 yang Tidak Berfungsi di iPhone Lama

  • Bagikan
13 Fitur di iOS 15 yang Tidak Berfungsi di iPhone Lama

Beberapa fitur baru terbaik di iOS 15 dan iPadOS 15 eksklusif untuk perangkat yang lebih baru. Anda memerlukan model iPhone atau iPad yang diproduksi pada tahun 2018 atau lebih baru untuk menikmati semua yang ditawarkan pembaruan ini.

Beberapa fungsi yang diperbarui ini memerlukan dukungan perangkat keras yang mendasarinya, jadi hanya perangkat dengan setidaknya chip A12 Bionic yang dapat menggunakannya. Inilah alasannya, dan fungsi mana yang tidak tersedia di semua model iPhone.

Mengapa Fitur iOS 15 Tertentu Membutuhkan Chip Bionic A12

Beberapa kemampuan iOS 15, seperti petunjuk arah berjalan yang imersif, memerlukan banyak daya pemrosesan. Untuk memberikan tingkat pengalaman dan kelancaran pengguna tertentu, fitur tertentu memerlukan chip Apple tertentu. Menargetkan chip yang presisi menyederhanakan pengembangan dan memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai iPhone dan iPad.

iOS 15 memerlukan setidaknya iPhone XS untuk menikmati fitur yang dioptimalkan untuk chip A12 Bionic Apple atau yang lebih baru. Sebagai referensi, perangkat berikut menggunakan chip A12 Bionic:

  • iPhone XS series (2018)
  • Phone XR (2018)
  • iPad Pro (2018)
  • iPad 6 (2018)
  • iPad Air 3 (2019)
  • iPad mini 5 (2019)

Jika iPhone atau iPad khusus Anda diproduksi pada tahun 2018 atau lebih baru, Anda harus siap untuk menggunakan kemampuan iOS 15 tertentu. Tapi apa sebenarnya fitur iOS 15 yang hanya berfungsi di perangkat yang lebih baru? Berikut daftarnya.

Apple Maps: Petunjuk Jalan Berbasis AR yang Mendalam

Apple Maps di iOS 15 menghadirkan instruksi berjalan yang imersif dalam augmented reality (AR). Anda cukup memindai bangunan dan infrastruktur di sekitar Anda dengan kamera perangkat Anda untuk mendapatkan petunjuk arah berjalan yang terperinci, termasuk belokan sempit dan penyeberangan.

Saat bepergian dengan berjalan kaki dengan perangkat yang kompatibel, navigasi langkah demi langkah berbasis AR tentu membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Apple Maps: Globe 3D Interaktif

Aplikasi Maps iOS 15 yang diperbarui memiliki globe 3D interaktif yang kaya yang dapat Anda perbesar dan putar ke segala arah untuk “menemukan keindahan alam Bumi.” Ini adalah cara yang rapi untuk menemukan area baru, tetapi Anda memerlukan iPhone XS atau lebih baru untuk menggunakan tampilan globe baru Maps.

Apple Maps

Solusi pemetaan Apple di iOS 15 menyediakan peta yang jauh lebih detail di kota-kota seperti San Francisco, Los Angeles, New York, dan London. Mereka datang lengkap dengan jalan, pohon, bangunan, dan ketinggian semua ditampilkan dengan informasi lebih dari sebelumnya.

Selain itu, landmark utama seperti Jembatan Golden Gate sekarang ditampilkan sebagai objek 3D. Peta kota terperinci hanya muncul jika Anda memiliki chip A12 Bionic atau lebih baru.

Visi Komputer

Bisa dibilang fitur iOS 15 baru terbaik, Live Text adalah pemindai OCR real-time Anda untuk menyalin teks dari gambar dan menempelkannya di tempat lain. Itu dapat mendeteksi teks dari gambar web, foto Anda sendiri, dan umpan video langsung di aplikasi Kamera. Fungsi luar biasa ini bekerja secara real-time pada perangkat apa pun yang kompatibel seperti yang disebutkan sebelumnya.

Photos

Di aplikasi Photos iOS 15, Anda dapat menarik gambar untuk mencari detail pada objek dan pemandangan yang dikenali. Ini berfungsi pada barang-barang seperti buku, jenis hewan peliharaan, seni dan landmark populer, dan banyak lagi.

FaceTime

Mirip dengan fotografi potret di aplikasi Kamera, mode Potret sekarang tersedia selama panggilan video FaceTime untuk mengaburkan latar belakang dan menjadikan wajah Anda fokus.

Mode potret di FaceTime membantu Anda tampil terbaik sambil menyembunyikan detail mencolok di latar belakang. Tetapi untuk menggunakannya, Anda memerlukan iPhone atau iPad dari 2018 atau yang lebih baru.

FaceTime

Audio spasial, teknik yang memungkinkan Anda mendengar audio seolah-olah berasal dari berbagai arah, kini digunakan di FaceTime. Ini untuk menciptakan apa yang Apple gambarkan sebagai panggilan “lebih alami, nyaman, dan hidup”.

iOS 15 menggunakan efek audio untuk menyebarkan suara peserta; ini membuatnya seolah-olah audio setiap orang berasal dari posisi mereka di layar.

Siri: Personalisasi Pada Perangkat

Siri iOS 15 dapat belajar banyak tentang Anda, seperti topik yang Anda baca. Kemudian menggunakan ini untuk membuat pengalaman yang dipersonalisasi tanpa mengirim apa pun ke cloud. Misalnya, asisten mempelajari kontak yang paling sering berinteraksi dengan Anda untuk memberikan saran yang berguna dengan cepat.

Kecerdasan Siri juga meningkatkan fungsi koreksi otomatis iPhone Anda dengan mempelajari kata-kata baru yang Anda ketik.

Siri: Pemrosesan Ucapan Di Perangkat

Di iOS 14 dan yang lebih lama, sebelum Siri dapat memahami Anda, itu harus mengunggah audio permintaan Anda ke server Apple tempat itu dianalisis, diuraikan, dan diubah menjadi teks biasa. Di iOS 15, pemrosesan ucapan-ke-teks ini ditangani oleh perangkat Anda.

Pemrosesan di perangkat membuat Siri berjalan lebih cepat dan meningkatkan privasi Anda dibandingkan dengan pengenalan suara berbasis server. Pada sisi negatifnya, mengubah teks menjadi ucapan secara real-time mahal dalam hal daya CPU, jadi ini adalah fitur iOS 15 lainnya yang membutuhkan iPhone XS atau yang lebih baru.

Siri: Dukungan Offline

Siri di iOS 15 dapat mengatur timer dan alarm, mengubah pengaturan, mengirim pesan, menangani panggilan, dan banyak lagi semuanya tanpa koneksi internet. Ini akan berguna jika Anda sering pergi tanpa Wi-Fi di area dengan jangkauan seluler yang buruk.

Universal Control

Dengan Kontrol Universal, Anda dapat menggunakan keyboard, mouse, dan trackpad di Mac dan iPad tanpa harus mengonfigurasi apa pun. Menggunakannya di iPad Anda memerlukan model yang didukung oleh A12 Bionic, artinya Anda memerlukan iPad Pro, iPad Air 3, iPad 6, atau iPad mini 5 atau yang lebih baru.

Wallet

Apple bertujuan untuk mengganti dompet fisik dengan aplikasi Wallet-nya. Di iOS 15, ini mendukung kunci digital untuk kunci pintu rumah, kantor, hotel, dan mobil yang kompatibel dengan HomeKit. Ini memudahkan untuk membuka kunci pintu rumah, kantor perusahaan, hotel, dan mobil Anda dengan mulus.

Kelayakan fitur ini bervariasi menurut perangkat dan lokasi. Dukungan untuk kunci digital di Wallet terbatas pada iPhone XS dan versi lebih baru, dan tetap tidak tersedia di iPad. Lebih lanjut, Apple mencatat bahwa persyaratan perangkat untuk fitur tersebut dapat bervariasi menurut hotel dan tempat kerja.

Weather

Aplikasi Weather yang lebih estetis di iOS 15 menyertakan latar belakang gerakan dengan ribuan variasi yang menurut Apple secara akurat mewakili posisi matahari, awan, dan curah hujan. Latar belakang animasi ini memerlukan chip A12 Bionic atau yang lebih baru.

Batasan Fitur iOS 15 Lainnya

Memiliki iPhone atau iPad yang kompatibel bukan merupakan jaminan Anda akan memiliki akses ke setiap fitur di atas ketersediaan fitur iOS 15 juga bervariasi menurut wilayah.

Misalnya, berbagi data Kesehatan dan analisis glukosa darah adalah fitur khusus AS untuk saat ini. Demikian pula, indeks kualitas udara di aplikasi Maps saat ini terbatas di AS, Inggris, Kanada, Jerman, Prancis, dan beberapa tempat lainnya. Begitu juga untuk notifikasi curah hujan jam berikutnya, yang saat ini hanya berfungsi di AS, Inggris Raya, dan Irlandia.

Dokumen dukungan praktis di situs web Apple akan diperbarui ketika pembaruan tiba untuk mencerminkan ketersediaan fitur iOS 15 dan iPadOS 15.

Fitur seperti HomeKit Secure Video mungkin memerlukan paket iCloud berbayar agar berfungsi.

Anda juga tidak akan dapat menggunakan kemampuan iOS 15 seperti Siri yang disematkan tanpa membeli alat rumah pintar yang kompatibel. Selain itu, Siri mengumumkan pemberitahuan peka waktu terbatas pada AirPods generasi kedua, AirPods Pro, dan AirPods Max.

Persyaratan perangkat untuk fitur seperti menambahkan kunci fisik ke aplikasi Wallet dapat bervariasi menurut hotel dan tempat kerja. Selain itu, beberapa fitur tidak akan diterapkan sampai setelah iOS 15 tersedia untuk konsumsi publik nanti pada tahun 2021, termasuk ini:

  • Sembunyikan Email: Alamat email acak akan diperbarui nanti pada tahun 2021.
  • Kunci fisik di Wallet: Dukungan untuk kunci fisik di Wallet juga akan diberikan setelah peluncuran iOS 15.
  • ID di Wallet: Menambahkan SIM dan ID negara bagian ke Wallet akan diluncurkan pada akhir tahun 2021.
  • Peta kota yang terperinci: Peta yang jauh lebih detail akan tersedia di CarPlay nanti pada tahun 2021.
  • Laporan Privasi Aplikasi: Bagian baru di Pengaturan akan hadir nanti melalui pembaruan iOS 15.

Peningkatan yang Layak, Bahkan di iPhone Lama

Terakhir, perlu diingat bahwa iOS 15 dan iPadOS 15 masih dalam versi beta. Pada titik ini, fitur dapat berubah dan dapat melakukannya dari satu rilis beta ke rilis beta berikutnya.

Contoh yang baik dari ini adalah antarmuka Safari yang berantakan, dengan umpan balik negatif dari pengguna yang mendorong Apple untuk memperbarui pengaturan tab yang membingungkan di beta ketiga.

Dengan beberapa beta lagi dalam pipa sebelum iOS 15 siap untuk ditayangkan, harapkan tweak fitur tambahan dan perubahan di bawah kap. iOS 15 dijadwalkan untuk diluncurkan secara publik pada tahun 2021, kemungkinan besar menjelang iPhone baru pada bulan September.

  • Bagikan