7 Cara Charge Baterai HP Agar Cepat Penuh

  • Bagikan
Ilustrasi cara charge baterai HP agar cepat penuh. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi cara charge baterai HP agar cepat penuh. (Foto: Pixabay)

Beberapa cara charge baterai HP agar cepat penuh ini kerap kali dihiraukan oleh para pengguna. Bisa juga, baterai yang tidak cepat terisi membuat anda frustasi. Jika Anda sering menggunakan gawai, maka tak jarang baterai gagal bertahan sepanjang hari tanpa bantuan pengisian daya di sore hari atau bahkan siang harinya.

Nah, berikut adalah 7 cara charge baterai HP Anda agar terisi lebih cepat untuk membantu produktivitas Anda.

 

1. Hidupkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Cara charge baterai HP agar cepat penuh dengan menghidupkan Mode Pesawat. (Foto: Unsplash)
Cara charge baterai HP agar cepat penuh dengan menghidupkan Mode Pesawat. (Foto: Unsplash)

Salah satu yang membuat baterai Anda cepat habis yakni digunakan untuk menangkap sinyal jaringan. Semakin buruk sinyal Anda, semakin cepat baterai Anda akan terkuras karena ponsel semakin membutuhkan daya untuk mencari sinyal.

Akibatnya, jika Anda tinggal di daerah terpencil dengan sinyal yang buruk atau di dalam gedung bertembok tebal, pengisian daya ponsel memerlukan waktu lebih lama daripada jika Anda tinggal di tempat dengan sinyal kuat.

Solusi mengatasi ini yakni dengan menghidupkan Mode Pesawat (Airplane Mode) sebelum Anda mencharge smartphone Anda. Sebuah pengujian menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk pengisian penuh sebanyak 25 persen.

Untuk masuk ke Mode Pesawat, cukup slide bar atas notifikasi dan pilih ikon Mode Pesawat atau bisa juga melalui Pengaturan> Jaringan dan Internet> Mode Pesawat. Jangan lupa mematikan lagi mode ini setelah baterai terisi penuh.

 

2. Matikan HP

Hampir sama dengan metode Mode Pesawat, mematikan HP membuat pengisian daya jauh lebih cepat. Sebab tidak ada aplikasi, sinyal yang membuat daya baterai terpakai saat pengisian.

Hanya saja, ketika HP dimatikan, maka Anda tidak akan dapat menerima panggilan atau pesan penting. Bila Anda rela melewatkannya selama beberapa menit, maka mematikan merupakan cara yang tepat.

 

3. Gunakan Quick Charge

Bila Anda benar-benar menginginkan waktu pengisian tersingkat, Anda harus menggunakan fungsi Pengisian Cepat (Quick Charge) dengan charger khusus berdaya tinggi. Menggunakan mode ini dapat membuat Anda kembali aktif hingga 90-100 persen bukan lagi dalam hitungan jam, melainkan menit.

Namun pastikan HP Anda support untuk mode Pengisian Cepat ini. Anda bisa mencari informasi tersebut di situs resmi HP yang Anda gunakan.

4. Jangan Gunakan HP saat Charge

Mengurangi aktivitas penggunaan ponsel akan membuat pengisian daya lebih cepat. Hindari bermain media sosial, telepon, apalagi menonton video dari YouTube karena menangkap sinyal dan menjalankan aplikasi bersamaan bisa membuat pengisian baterai tidak maksimal dan membuat HP Anda lebih cepat panas yang membuat pengisian daya semakin tidak efektif.

5. Jangan Charge Baterai HP via USB Port

Menggunakan port USB di komputer atau laptop membuat pengisian baterai tidak efisien. Sebab port USB biasanya hanya menawarkan output daya 0,5A saja. Selalu gunakan charger dengan daya dari colokan tembok yang bisa memberi Anda minimal 1A, 1,5A, atau bahkan 2A tergantung pada perangkat Anda.

 

6. Hindari Wireless Charging

Wireless Charging terlihat sangat nyaman dan keren. Namun, hingga saat ini kecepatan pengisian daya baterai secara nirkabel belum efisien. Berdasar pengujian, pengisian nirkabel menunjukkan charger bisa lebih lama 50 persen. Bukan tanpa alasan, sebab mentransfer energi melalui kabel lebih efisien dibandingkan lewat udara.

 

7. Lepaskan Casing Ponsel Anda

Cara sederhana ini bisa membuat HP Anda lebih cepat penuh ketika dicharge. Melepas casing HP membuat gawai Anda lebih dingin dan tidak mudah panas. Untuk diketahui, litium ion yang digunakan sebagai baterai semakin efisien digunakan ketika dalam kondisi dingin.

Untuk pengisian daya yang optimal, suhu bateraiĀ  harus antara5 hingga 45 C. Jelas, suhu baterai sebagian dikendalikan oleh suhu sekitar, dan melepas casing Anda akan membantu menurunkannya. Dan jika Anda berpikir untuk meletakkan ponsel Anda di lemari es untuk mengisi ulang: jangan lakukan. Sebab hal itu bisa menurunkan efisiensi baterai karena digunakan pada suhu jauh di bawah standar.

 

Nah, 7 hal itulah tips yang bisa Anda lakukan agar baterai HP cepat penuh.

 

  • Bagikan