Review Honda City Hatchback RS

  • Bagikan

Nurnajma.com – Masih percaya tidak percaya apa yang membuat Honda nekat untuk menghentikan laju Honda Jazz di Indonesia, bahkan dengan alasan apapun sepertinya tidak akan diterima oleh penggila mobil hatchback Honda Jazz di Indonesia.

Akan tetapi Honda pasti punya alasan kuat untuk mengambil keputusan besar menghentikan produksi dan jualan Honda Jazz di Indonesia dan menggantikannya dengan Honda City Hatchback.

Nah kali ini detikOto coba membedah apa sih enaknya Honda City Hatchback RS si pengganti Honda Jazz? Penasaran? Simak ulasannya berikut ini:

1. Punya Platform Layaknya Sedan Jadi Hatchback, Joss!

Honda mengumumkan berkat dispensasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Honda City Hatchback RS dihargai mulai Rp 289.000.000 untuk tipe transmisi manual 6 percepatan dan Rp 299.000.000 untuk tipe transmisi CVT. Harga yang ditawarkan ini dinilai mampu bersaing dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Kenyamanan lebih dijanjikan, karena memang meski mobil ini memiliki DNA hatchback, bisa dipastikan mobil ini dibangun dari basis berjenis sedan. Sehingga Honda City hatchback ini memiliki desain yang lebih pipih dibandingkan dengan Honda Jazz.

Soal desain Honda City Hatchback RS terlihat lebih sporty. Sebagai perbandingan, Jazz memiliki panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm, serta jarak sumbu roda 2.530 mm. Sedangkan City Hatchback RS panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm, dengan jarak sumbu roda 2.600 mm.

Honda City Hatchback RS dibekali lampu depan full LED, ditunjang LED Daytime Running Light, dan LED Foglight. Lampu belakangnya juga sudah memakai LED, namun untuk lampu sein dan lampu mundurnya masih bohlam biasa.

Detail lain yang ada di eksterior, ada warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan pelek dual tone ukuran 16 inci, yang dikawinkan ban profil 185/55.

Selanjutnya yang menjadi pembeda akan Honda City Hatchback RS ini sudah dilengkapi Aerokit eksklusif RS, seperti Rear Bumper dengan Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille.

2. Segundang Fitur Mewah Bikin ‘PeWe’

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Honda City Hatchback RS hadir dengan beraneka fitur modern, salah satunya adalah Remote Engine Start untuk pilihan CVT atau otomatis. Dengan fitur ini, mesin mobil dan AC kabin bisa dinyalakan dari luar mobil hanya dengan menekan tombol hold.

Caranya gampang, tekan tombol kunci dan kemudian langsung tekan tombol hold hingga mesin hidup. Dengan fitur ini, pengemudi dan penumpang bisa menghindari kepanasan saat masuk ke dalam mobil, fitur ini mirip layaknya model premium Honda seperti New Honda Civic, New Honda CR-V dan New Honda Accord.

Tak hanya itu, masih ada fitur menarik lain seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch with Voice Recognition.

Khusus di varian CVT juga terdapat tuas paddle shift untuk menyimulasikan perpindahan gigi ala transmisi manual, sehingga tenaga akan bisa dirasakan secara langsung.

Panel instrumen mobil ini didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan layar sentuh 8 inci. Headunit ini bisa menjalankan fitur Smartphone Connection, berupa Android Auto dan Apple CarPlay.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur lain ada Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View.

3. Luas Ruang Kabin yang bisa diatur

Dalam kabin, kesan sporty akan langsung terasa bagi siapa saja yang duduk di balik setir kemudi. Karena selain genggaman setir yang nyaman, jok mobil ini memakai kombinasi lapisan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats.

Aksen jahitan asli dengan benang warna merah yang sporty banyak disematkan, mulai bagian jok, lingkar kemudi, door trim, dasbor, bahkan hingga bagian cover pembungkus tuas transmisi.

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Tak hanya joknya yang berwarna hitam, bagian atap mobil ini juga menggunakan warna hitam. Memang soal sempit atau tidaknya dalam kabin, itu tergantung dari postur tubuh pengendara atau pemilik Honda Hatchback. detikOto yang merasakan mobil ini tidak terlalu sempit dan cukup nyaman meski detikOto memiliki tinggi 165 cm duduk di kursi depan. Namun ketika duduk di kursi baris kedua, ruang kepalanya (head room) hanya berjarak sekitar 4 ruas jari.

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS Foto: Luthfi Anshori

Namun soal utilitas, mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Kabin Honda City Hatchback RS memiliki fitur Ultra Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang, yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Untuk Ultility Mode, bangku belakang dilipat ke depan, maka pengendara akan memiliki kabin belakang yang rata, sehingga bisa membawa barang lebih mudah.

Untuk model kabin tall mode, yaitu bangku belakang dilipat ke atas sehingga bisa membawa barang lebih tinggi.

Tall Mode, atau kabin yang lebih luas untuk bisa membawa barang lebih panjang juga diberikan. Caranya sangat mudah yakni dengan menerapkan Utility Mode dengan bangku belakang dilipat lalu kabin belakang menjadi datar, bangku penumpang bagian depan disandarkan ke belakang dengan sanggahan kepala yang dilepas. sehingga mobil ini bisa membawa barang yang lebih tinggi.

Kenyamanan juga makin terasa karena kemudahan pengaplikasian fitur Android Auto atau Apple car play. Pengguna cukup colokan kabel charger ponsel, maka secara otomatis mobil akan membaca apakah itu Apple Car Play atau Android Auto. Akan tetapi untuk Android Auto harus me-download aplikasi Android Auto terlebih dahulu.

4. Mesin Baru Guys, Bukan Mesin Milik Honda Jazz

Honda Prospect Motor (HPM) memastikan mesin yang akan digendong Honda City Hatchback RS ini adalah mesin terbaru, berbeda dengan mesin Honda Jazz.

Honda City Hatchback RS yang memiliki transmisi CVT dan 6 M/T didukung mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang bisa menghasilkan power maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm.

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Mesin itu sudah sesuai standar EURO 4 dan juga dilengkapi ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sebagai perbandingan, Honda Jazz model terkini dibekali mesin 1.5L SOHC, 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 120 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

5. Merasakan si Pengganti Honda Jazz di Atas Aspal

Nah sekarang giliran detikOto menguji bagaimana sih performa Honda City Hatchback RS. Sebelum detikOto tancap gas, ga asyik rasanya jika tidak mencoba semua fitur yang ditawarkan.

Benar saja semua fitur yang ditawarkan Honda City Hatchback RS ini bisa dikatakan sangat fungsional, artinya fitur yang diberikan semuanya bermanfaat dan sangat memudahkan pengendara dalam berkendara. Diawali dari start stop engine hingga penggunaan aplikasi Android Auto dan dan Apple CarPlay sangat mudah digunakan.

Akhirnya detikOto mulai menguji mobil Honda City Hatchback RS. Saat pertama kali menghidupkan mesin, hampir sama sekali tidak terasa getaran atau suara deru mesin dalam kabin.

Akhirnya detikOto mulai memasuk ke dalam transmisi D untuk bisa bisa merasakan kenyamanan saat berkendara, jangan sampai salah, kalau biasanya posisi D berada paling belakang, untuk Honda City Hatchback RS posisi belakang pada Transmisi adalah S.

Saat pertama kali mengendarai Honda City Hatchback RS, rasanya tenaga yang ditawarkan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan Honda Jazz. Wajar sih karena memang perbedaan yang ditawarkan sangat kecil.

Honda City Hatchback RS yang memiliki transmisi CVT dan 6 M/T didukung mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang bisa menghasilkan power maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm.

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS Foto: Dok. HPM

Sedangkan untuk Honda Jazz generasi terakhir, dibekali mesin mesin 1.5L SOHC, 4 silinder segaris, 16 Katup + DBW, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 120 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Akan tetapi perbedaan mendasar dari mesin ini ialah, Honda City Hatchback RS lebih lembut dan halus. Bahkan perpindahan transmisi sangat tidak terasa. Di saat ingin membutuhkan tenaga besar, cukup dengan memindahkan transmisi ke S dan langsung mengubah gaya berkendara dengan mengatur transmisi secara manual menggunakan paddle Shift.

Soal efisiensi, Honda benar-benar berhasil memadukan antara performa dengan efisiensi. Karena Honda City Hatchback sangat irit dengan mampu mengkonsumsi 1:13.

Jika boleh disimpulkan keberanian Honda untuk menghentikan laju Honda Jazz patut diacungkan Jempol. Soalnya Honda memberikan pilihan lain yang sangat mumpuni dalam segala sektor. Sehingga perbedaan sangat terasa baik dari segi fitur, mesin hingga kenyamanan berkendara.

Source

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *