in

Makna Bacaan Doa dan Niat saat Buka Puasa

Bulan suci Ramadan 2021 sudah di depan mata. Kementerian Agama bakal menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal puasa Ramadan 1442 Hijriah pada Senin, 12 April.

Puasa Ramadan wajib dilakukan umat Islam, sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan atau jalan jauh. Selain itu, wanita yang suci dari haid dan juga nifas.

Puasa Ramadan dilaksanakan sebulan penuh, sekitar 29 sampai 30 hari. Tak hanya soal menahan lapar dan haus dari sebelum terbit fajar hingga terbenamnya matahari, puasa Ramadan juga perihal spiritual untuk menjadi individu yang lebih baik.

Allah SWT menjelaskan kewajiban puasa Ramadan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ (183)قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (183).

Niat puasa Ramadan

Untuk menjalankan puasa Ramadan harus disertai niat. Niat puasa Ramadan haruslah diucapkan saat sebelum terbitnya fajar atau saat malam hari, sebelum memulai berpuasa.

Berikut niat puasa Ramadan yang secara umum digunakan oleh banyak orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa.

Hal: 1 | 2

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Niat Salat Sunnah Rawatib serta Solat Qobliyah dan Ba’diyah

Bikin SIM Kini Makin Mudah, Hanya Siapkan Berkas dan Input Melalui Aplikasi, Ini Caranya