Soal Seleksi Sekolah Kedinasan 2021, Intip Nilai Ambang Batas untuk Materi SKD

  • Bagikan
Soal Seleksi Sekolah Kedinasan 2021, Intip Nilai Ambang Batas untuk Materi SKD

Berikut adalah jumlah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) serta ketetapan nilai ambang batasnya untuk seleksi sekolah kedinasan 2021.

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 melalui skema sekolah kedinasan akan segera memasuki seleksi kompetensi dasar (SKD).

Menurut rencana, pelaksanaan SKD bagi peserta sekolah kedinasan dijadwalkan akan berlangsung pada Mei hingga Juni 2021.

Meski demikian, pemerintah belum mengumumkan secara pasti tanggal dilangsungkannya tahapan seleksi ini bagi peserta sekolah kedinasan.

Untuk diketahui, SKD merupakan tahapan selanjutnya dalam seleksi penerimaan CASN yang terdiri dari sekolah kedinasan, calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

SKD dilakukan oleh peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, yang pelaksanaannya menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Bagi peserta sekolah kedinasan, yang mengikuti SKD merupakan peserta yang telah lolos tahapan pendaftaran, seleksi administrasi, serta telah melakukan pembayaran biaya seleksi.

Tahap SKD bertujuan untuk menjamin pelamar CPNS memenuhi kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Untuk memenuhi hal tersebut, pemerintah telah menetapkan standar penilaian dalam bentuk nilai ambang batas seleksi CASN.

Lalu, berapakah skor atau nilai SKD yang ditetapkan oleh pemerintah bagi peserta sekolah kedinasan di seleksi penerimaan CASN 2021?

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pemerintah telah menetapkan Nilai Ambang Batas SKD bagi peserta sekolah kedinasan tahun seleksi 2021.

Ketetapan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga T.A 2021.

Dalam Kepmen Menteri PANRB tersebut juga diterangkan, ada tiga materi soal SKD yang harus dikerjakan oleh peserta sekolah kedinasan.

Berikut selengkapnya seperti dilansir Serambinews.com dari laman menpan.go.id, Senin (24/5/2021)

Jumlah soal SKD sekolah kedinasan tahun seleksi 2021 

Ada tiga materi soal yang harus dikerjakan oleh peserta sekolah kedinasan di tahap SKD.

Tiga materi soal itu yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Setiap peserta diberikan waktu 100 menit untuk mengerjakan ketiga materi tes SKD.

Sementara itu, dari tiga materi soal SKD, TKP adalah materi yang memiliki soal terbanyak, yakni berjumlah 45 soal.

Sedangkan TIU terdiri dari 35 soal, dan TWK sebanyak 30 soal.

Nilai Ambang Batas SKD

Adapun untuk nilai ambang batas bagi masing-masing materi SKD yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam Kepmen PANRB Nomor No. 921/2021 yaitu:

– Tes Karakteristik Pribadi (TKP): 156

– Tes Intelegensia Umum (TIU): 80

– Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 65

“Nilai ambang batas ini merupakan nilai paling rendah yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi,” kata Kemenpan RB dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (22/5/2021).

Kendati demikian, Kepmen yang ditandatangani pada 21 Mei 2021 oleh Menteri Tjahjo Kumolo juga memberikan pengecualian nilai ambang batas bagi peserta dari daerah tertentu yang mendapat afirmasi.

Pengecualian nilai ambang batas bagi peserta yang berasal dari daerah afirmasi tersebut berisikan dua ketentuan.

Pertama, nilai kumulatif SKD paling rendah sebesar 281.

Kedua, mendapatkan nilai TIU serendah-rendahnya yakni sebesar 55.

“Afirmasi ini sebagaimana diusulkan oleh kementerian dan lembaga penyelenggara sekolah kedinasan serta telah disetujui oleh Menteri PANRB,” kata Kemenpan Rb.

Ketentuan lulus SKD

Untuk lulus tahap SKD, peserta seleksi harus memenuhi nilai ambang batas tersebut dari jumlah keseluruhan soal sebanyak 110 soal. 

Penting untuk diketahui bahwa terdapat pembobotan nilai terhadap jawaban yang dipilih.

Materi TKP memiliki pembobotan dengan jawaban benar bernilai paling rendah 1 (satu) dan paling tinggi 5 (lima), sedangkan tidak menjawab bernilai 0 (nol).

Sedangkan untuk materi TIU dan TWK, jawaban benar berbobot 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).

Dengan demikian, maka nilai kumulatif tertinggi yang bisa diraih oleh peserta seleksi pada SKD ini adalah 550.

Dimana nilai tertinggi bagi TKP adalah 225, 175 untuk TIU, dan 150 untuk TWK.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan SKD, peserta dapat mengaksesnya melalui Portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) Sekolah Kedinasan di laman https://dikdin.bkn.go.id/ dan laman resmi masing-masing sekolah kedinasan.

Apabila terdapat pertanyaan, peserta juga dapat menghubungi layanan helpdesk daring Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui tautan https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/home

Artikel ini telah tayang di aceh.tribunnews.com dengan judul Simak! Ini Jumlah Soal SKD dan Ketetapan Nilai Ambang Batasnya untuk Seleksi Sekolah Kedinasan 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *