Cara Membuat Akun LTMPT, Cek NISN dan NPSN Secara Online

  • Bagikan
Cara Membuat Akun LTMPT, Cek NISN dan NPSN Secara Online

Nurnajma.com – Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) untuk mendaftar SNMPTN dan UTBK-SBMPTN sudah dimulai sejak 4 Januari 2021.

Data yang digunakan untuk mendaftar atau membuat akun LTMPT adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir. Bagaimana mendapatkan data-data tersebut?

Melansir laman Kemdikbud, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Untuk mengecek NISN Anda bisa mengakses laman: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

Sementara itu, laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ tidak bisa diakses dan dialihkan karena masih ada proses konfigurasi server.

Setelah mengakses laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ kemudian masukkan data:

– Nama siswa

– Tempat lahir

– Tanggal lahir

– Nama ibu

– Kode Captcha

Jika sudah memasukkan semua data di atas dengan benar, Anda bisa klik ‘Cari Data’.
Semantara, jika Anda ingin mencari data NPSN, Anda bisa mengakses laman: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php 
Saat membuka laman itu, Anda akan dihadapkan data seluruh sekolah di Indonesia berdasarkan provinsi. Klik provinsi sesuai lokasi sekolah Anda.
Misalnya ‘DKI Jakarta’, lalu pilih kabupaten/kota-nya, kecamatan-nya, hingga muncul nama-nama sekolah. NPSN terletak di kiri atas di samping nama satuan pendidikan atau nama sekolah.
Diberitakan sebelumnya, LTMPT menggunakan sistem Single Sign-On (SSO) dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri.
Dengan demikian, hanya dengan satu akun yakni akun LTMPT, peserta bisa mendaftar SNMPTN, UTBK, hingga SBMPTN.
 Bagi angkatan sebelumnya (lulusan 2020) juga bisa mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi dengan akun tersebut.
Pendaftaran akun LTMPT dibuka hingga 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sementara itu pendaftaran SNMPTN dimulai 15 sampai 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Perlu diingat juga bagi sekolah yang datanya masih belum benar atau ingin ada revisi masih ditunggu hingga 15 Januari 2021.
Sumber: kompas
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *