in

Cara Mengetahui Pinjaman Online Resmi dan Ilegal

Cara Mengetahui Pinjaman Online Resmi dan Ilegal

Kemunculan penyelenggara pinjaman online/pinjol ilegal masih marak di tengah masyarakat. Padahal, Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi berkali-kali memblokir platform utang pinjol ilegal tersebut.

Terbaru, mantan guru Taman Kanak-kanak (TK) itu terjerat utang pinjol hingga Rp40 juta dari 24 aplikasi. Melati (bukan nama sebenarnya) bahkan diteror dengan pesan-pesan tidak pantas, menjadi omongan di lingkungannya, dipecat dari pekerjaannya, hingga diancam dibunuh oleh debt collector (penagih utang).

Agar kejadian seperti Melati tidak terulang, sebelum mengajukan pinjol masyarakat harus memastikan bahwa aplikasi tersebut legal. Berikut cara mengecek aplikasi pinjol legal dan ilegal yang dihimpun CNNIndonesia.com:

Terdaftar dan berizin di OJK

OJK merupakan otoritas yang meregulasi pinjol. Dengan demikian, sebaiknya masyarakat memastikan bahwa pinjol tersebut sudah terdaftar atau mendapatkan izin dari OJK.

OJK sendiri memperbarui daftar pinjol legal secara berkala. Per 4 Mei 2021, total pinjol yang terdaftar dan berizin di OJK sebanyak 138 perusahaan. Di luar daftar tersebut, dapat dipastikan bahwa pinjol tersebut adalah pinjol ilegal.

Daftar terbaru pinjol yang berizin dan terdaftar di OJK bisa diklik di sini.

Bunga

Ciri-ciri lain yang membedakan pinjol legal dan ilegal adalah bunga dan denda. Ketentuan mengenai bunga dan denda ini diatur oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Hal: 1 | 2

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dampak yang Terjadi Jika Anda GalBa di Pinjaman Online

Dampak yang Terjadi Jika Anda GalBa di Pinjaman Online

Ketentuan Terbaru Sistem COD untuk Pembelian Barang di Online Shop

Ketentuan Terbaru Sistem COD untuk Pembelian Barang di Online Shop