Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 17 sudah Mulai Terungkap, Simak Penjelasan Berikut

  • Bagikan

Kartu Prakerja gelombang selanjutnya atau gelombang 17, kemungkinan besar akan dibuka.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja telah membuka 5 gelombang pendaftaran Kartu Prakerja pada semester I-2021, yakni gelombang 12 hingga 16.

Pendaftaran seleksi Kartu Prakerja dengan 5 gelombang tersebut ditujukan untuk kuota 2,7 juta peserta penerima.

Hal tersebut sesuai dengan target pemerintah yang telah menganggarkan program Kartu Prakerja mencapai Rp10 triliun untuk 2,7 juta peserta Kartu Prakerja.

Lantas, kapan pembukaan Kartu Prakerja gelombang 17?

Pembukaan Kartu Prakerja gelombang 17 diperkirakan akan dibuka kembali pada semester I-2021.

Kemungkinan tersebut mengacu pada peraturan program Kartu Prakerja yang akan mencabut status kepesertaan bagi peserta yang belum membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari, terhitung dari hari pengumuman lolos seleksi gelombang Kartu Prakerja.

Dengan begitu, peserta yang telah lolos seleksi gelombang 12 hingga 16 dapat dicabut status kepesertaannya jika tidak membeli pelatihan pertama dalam batas waktu 30 hari yang telah ditentukan tersebut.

Adanya peserta Kartu Prakerja yang dicabut status kepesertaannya, maka akan tersedia kembali kuota untuk program Kartu Prakerja semester I-2021.

Oleh sebab itu, untuk memenuhi target kuota 2,7 juta Kartu Prakerja peserta pada semester I-2021, kemungkinan besar Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja akan membuka kembali pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 17 pada semester I-2021.

Namun, kapan waktu dibukanya kembali pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang 17, menjadi keputusan yang hanya diketahui Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Meski begitu, masyarakat yang masih berminat untuk mendapatkan bantuan Kartu Prakerja, tidak perlu khawatir.

Sebab,Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun telah menyampaikan, bahwa pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja hingga 2022.

Keputusan ini diambil sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi persaingan global pasca-pandemi Covid-19.

“Insya Allah di 2022 pun program ini bisa kami anggarkan, karena tenaga kerja kita setiap tahun bertambah dan tuntutan pekerjaan pascapandemi itu menuntut SDM lebih baik lagi, lebih memiliki keterampilan,” kata Wapres Ma’ruf Amin, 5 Maret 2021, seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari ANTARA.

Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang belum berkesempatan untuk mengikuti seleksi pendaftaran Kartu Prakerja pada semester I-2021, masih bisa berkesempatan untuk mengikutinya pendaftaran pada semester selanjutnya.

Informasi lebih lanjut mengenai program Kartu Prakerja, dapat dilihat melalui situs atau media sosial resmi Kartu Prakerja.

– Website: www.prakerja.go.id

– Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id

– Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id

Bila Anda menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui Contact Center Kartu Prakerja:

-Telepon ke nomor 0800 150 3001

– Live chat di www.prakerja.go.id

– Form Pengaduan di www.prakerja.go.id.

Source

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *