Jangan Salah, Begini Cara Cek Batuan BST, BPNT, PKH Terbaru di Bulan April 2021

  • Bagikan

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial diberikan kepada masyarakat untuk membantu pemulihan ekonomi nasional.

Bantuan dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

CEK BANTUAN SOSIAL BST, BPNT, PKH

Sebelumnya, daftar penerima bansos dapat dicek melalui laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yaitu dtks.kemensos.go.id.

Namun, saat ini Kementerian Sosial tengah menyusun pemutakhiran data kemiskinan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Bantuan sosial tersebut terdiri dari program Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Dikutip dari laman Instagram @kemensosri, dalam konferensi pers pada Rabu (21/4/2021), Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya sedang memperbaiki integritas DTKS, untuk memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomer Identitas Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan.

Kemensos resmi meluncurkan New DTKS, yang akan ditetapkan sekurangnya setiap bulan untuk memastikan integritas data sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

“Melalui aplikasi ini publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya” ucap Tri Rismaharini saat Konferensi Pers Transparansi Data Bantuan Sosial di Jakarta.

Data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan dan atau masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id.
Laman web di http://cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id)

Berikut Cara Mengecek Bansos Melalui cekbansos.kemensos.go.id:

1. Pertama buka laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Kemudian masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan

3. Lalu masukkan nama lengkap sesuai KTP

4. Setelah itu masukkan kode pada kolom

6. Terakhir, klik tombol “cari”

Nantinya akan muncul hasil pada data pencarian, berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima.

Sistem akan mencocokkan Nama KPM dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Proses pencairan bantuan sosial dapat dilakukan melalui bank anggota Himbara, seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, serta BTN. 

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua pendaftar mendapat bantuan sosial secara otomatis dari pemerintah.

Hal ini dikarenakan setiap program bantuan sosial mempunyai syarat dan mekanisme masing-masing.

Mekanisme dan syarat ini ditentukan oleh penyelenggara program sesuai dengan variabel yang dibutuhkan dalam DTKS dan dibatasi oleh kuota yang sudah ditentukan.

Sementara bagi masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS, nantinya bisa diusulkan sebagai penerima program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah.

Source

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *