eKTP sudah Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Begini Cara Mencairkan Banpres UMKM Rp2,4 Juta

  • Bagikan
eKTP sudah Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Begini Cara Mencairkan Banpres UMKM Rp2,4 Juta

Pemerintah terus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Berbagai macam bantuan pun terus disalurkan pemerintah mulai dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga subsidi tagihan listrik.

Pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 pun akan mendapatkan BLT dari pemeritah ini.

Pada tahun ini, ditarget sebanyak 12 juta UMKM akan memdapat Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Sementara penutupan pendaftaran, rencananya dilakukan di akhir November 2020.

Adapun BPUM merupakan program bantuan sosial yang dijalankan oleh Kemenkop UKM dengan nominal bantuan sebesar Rp2,4 juta per UMKM.

Pelaku usaha mikro yang telah lolos dan memenuhi syarat pendaftaran BLT Banpres Produktif UMKM akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dari bank penyalur usulan Kemenkop UKM.

Selanjutnya dapat melakukan proses pencairan dengan membawa eKTP yang dinyatakan terdaftar menerima BPUM Rp2,4 juta tersebut.

Salah satu bank usulan Kemenkopukm yang menyediakan cek penerima Banpres Produktif UMKM secara online adalah BRI, yang dapat dicek melalui laman EForm BRI di eform.bri.co.id/bpum dan login menggunakan NIK KTP usai mendapatkan SMS dari BRI Info.

Apabila dinyatakan lolos, maka setelah login di laman EForm BRI, eform.bri.co.id/bpum, akan muncul pemberitahuan berlatar hijau yang menyatakan bahwa e-KTP terdaftar atau tercatat sebagai penerima BLT Banpres Produktif UMKM (BPUM) Rp2,4 juta.

Namun, apabila tidak lolos, maka setelah login di eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP, muncul pemberitahuan berlatar merah yang menyatakan e-KTP tidak terdaftar atau tercatat menerima BPUM Rp2,4 juta.

Pelaku UMKM yang dinyatakan lolos dan e-KTP miliknya terdaftar sebagai penerima BPUM, dapat melakukan proses verifikasi data ke Bank Penyalur terdekat dengan membawa e-KTP.

Pelaku UMKM yang tidak memiliki rekening di bank penyalur usulan KemenkopUKM (BNI, BRI, Bank BNI Syariah), apabila dinyatakan lolos dan menerima BLT Banpres Produktif UMKM akan dibuatkan rekening oleh bank penyalur tersebut.

Diberitakan Berita DIY dalam artikel “,” bantuan Banpres Produktif UMKM merupakan dana hibah, bukan pinjaman maupun kredit.

Penerima BPUM Rp2,4 juta tidak dipungut biaya apapun dalam penyaluran Banpres Produktif UMKM tersebut.

Seluruh data UMKM yang diusulkan kemudian melalui proses verifikasi dan validasi di Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kemenkeu dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Calon penerima yang lolos diproses sebagai nominator sebelum ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro.

Sumber: tasikmalaya.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *