Cek Nama dan Pastikan BSU Cair, Berikut Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 6

  • Bagikan
Cek Nama dan Pastikan BSU Cair, Berikut Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tahap 6

Kementerian Ketenagakerjaan kembali menyalurkan bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan atau Bantuan Subsidi Upah Termin II Tahap 6.

Total penyaluran bantuan subsidi gaji dari tahap 1 hingga tahap 6 untuk pekerja berjumlah 12.4 karyawan.

Data dari Kemnaker, sejauh ini sudah 11.05 juta karyawan menerima  manfaat langsung dari program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji hingga akhir November 2020.

Bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan atau Bantuan Subsidi Upah ini diberikan untuk para pekerja dengan penghasilan di bawah Rp. 5 juta dan terdaftar sebagai penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan (BP JAMSOSTEK) sampai dengan Juni 2020.

Rincian penyaluran kepada total 11,052 juta orang adalah tahap I kepada 2.180.382 pekerja/buruh, tahap II kepada 2.713.434 pekerja/buruh, tahap III kepada 3.149.031 pekerja/buruh, tahap IV 2.442.289 pekerja/buruh dan tahap V kepada 567.723 juta pekerja/buruh.

Total bantuan Rp2,4 juta disalurkan melalui dua termin yaitu September-Oktober 2020 dan November-Desember 2020, dengan masing-masing termin dicairkan sebesar Rp1,2 juta.

Menurut data Kemnaker, sampai dengan 23 November 2020 BSU termin pertama telah disalurkan kepada 12.252.773 orang atau 98,78 persen dari target 12.403.896 orang. Masih terdapat 151.123 orang yang masih belum tersalurkan subsidi gaji tersebut akibat beberapa kendala.

Bagi pekerja yang merasa berhak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji tapi masih belum menerima, Menaker Ida mendorong agar segera melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu dilakukan agar data pekerja yang kurang dapat diperbaiki. Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, BLT Subsidi Gaji paling lambat ditransfer pada akhir Desember 2020.

Menaker Ida meminta pekerja untuk bersabar karena proses penyaluran dari Bank ke rekening pekerja butuh waktu yang bertahap.

“Sisanya masih dalam proses penyaluran dan terus kami monitor perkembangan penyalurannya. Saya mohon agar para pekerja /buruh bersabar karena jumlah dana yang harus ditransfer Bank Penyalur ke masing-masing rekening penerima cukup besar, baik yang rekeningnya Bank Himbara maupun yang rekeningnya Bank Swasta”, kata Menteri Ida Fauziyah dikutip dari laman resmi Kemnaker.

Meski begitu, pekerja bisa mengecek nama penerima bantuan dengan cara login ke laman resmi Kemnaker lewat link Kemnaker.go.id

Berikut langkah untuk mengecek nama penerima bantuan:

Buka website Kemnaker di link Kemnaker.go.id

Klik masuk jika sudah punya akun. Jika belum, klik Daftar

Klik Daftar Sekarang yang terdapat pada bagian bawah kolom masuk

Isi data diri, masukkan NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, Password

Klik Daftar Sekarang

Sistem akan mengirimkan kode OTP lewat SMS ke nomor HP yang sudah didaftarkan.

Lakukan aktivasi akun, masuk kembali ke website, dan klik Masuk pada bagian pojok    kanan atas website

Lanjutkan pengisian formulir dengan lengkap

Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan pada dashboard, apakah pendaftar masuk dalam daftar penerima bantuan BLT Subsidi upah atau tidak lewat  atau tidak lewat tulisan berikut :

Anda telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan untuk diusulkan sebagai penerima bantuan.

Berita ini telah tayang di serangnews.pikiran-rakyat.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *