Catat! Berikut 5 Bansos Tunai yang Daftar Pakai KTP

  • Bagikan
Catat! Berikut 5 Bansos Tunai yang Daftar Pakai KTP
 

Semasa pandemi Covid-19 berlangsung, pemerintah masih giat untuk terus melanjutkan bantuan sosial tunai bagi masyarakat terdampak. 

Pendaftaran untuk menjadi penerima bantuan sosial (bansos) pun tergolong mudah, sebab masyarakat dapat mendaftarkan dirinya baik secara online maupun offline.

Namun, dilihat dari kondisi maraknya kembali Covid-19, masyarakat tampaknya lebih memilih mendaftar secara online, sebab dapat dilakukan melalui smartphone dan tanpa harus keluar rumah.

Sebelum mendaftar lebih lanjut, penting untuk mengetahui syarat-syarat yang telah ditentukan pemerintah. Dikutip dari video yang diunggah kanal YouTube Azzahra Studio Chanel, 9 Januari 2021, berikut 5 bantuan sosial yang pendaftarannya hanya memakai KTP.

1. BST Rp300 ribu

Bantuan sosial Tunai melalui kemensos akan memperpanjang bantuan ini mulai dari Januari hingga April. Sedangkan untuk Mei sampai desember pemerintah akan melihat situasi perekonomian apakah masih terdampak pandemi atau tidak.

Cara daftarnya hanya bisa dilakukan secara offline. Masyarakat cukup datang ke kantor kelurahan membawa KTP agar diusulkan sebagai penerima bantuan BST Rp300 ribu.

2. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan yang paling dinanti karena pendaftarannya yang mudah cukup lewat HP saja. Persyaratannya termasuk gampang, yakni Warga Negara Indonesia yang berusia diatas 18 tahun dan tidak sedang kuliah.

Untuk pendaftarannya cukup menggunakan KTP dan KK. info resmi pembukaan gelombang kartu prakerja 2021 akan di beritahukan melalui situs prakerja.go.id.

3. BPNT

Pada tahun 2021 kepesertaan KPM BPNT akan d berikan kepada 18,5 juta KPM. penerima bantuan BPNT akan mendapatkan bantuan tunai Rp200 ribu perbulan. anggaran BPNT di tahun 2021 sebanyak Rp44,7 triliun.

Pendaftaran BPNT hanya bisa dilakukan secara ofline. Masyarakat cukup membawa KTP ke kantor kelurahan untuk dapat di ajukan sebagai penerima BPNT.

4.PKH

Program keluarga harapan (PKH) adalah salah satu bantuan yang banyak diminati masyarakat. Kuota yang disediakantahun 2021 sebanyak 10 juta KPM.

Penerima PKH terdiri dari 3 komponen yaitu:

A. Komponen kesehatan yang terdiri dari ibu hamil dan anak usia dini.

B. Komponen pendidikan yaitu terdiri dari peserta didik dari jenjang SD hingga SMA sederajat.

C. Komponen kesejahteraan sosial yg meliputi lanjut usia dan penyandang disabilitas.

Untuk tahun 2021 pemerintah menambah 1 kategori lagi untuk penderita TBC. Penyaluran bantuan PKH dilakukan setiap 3 bulan sekali yakni di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Pendaftaran bantuan ini hanya bisa dilakukan secara ofline. Masyarakat cukup datang ke kantor kelurahan dengan membawa KTP.

5.BLT UMKM/ BPUM UMKM Rp2,4 Juta

BLT UMKM/ BPUM UMKM Rp2,4 Juta di tahun 2021 dikhususkan bagi pelaku usaha mikro yang belum menerima bantuan ditahun 2020. Cara pendaftaran BLT UMKM bisa dilakukan secara online dan ofline.

Hanya beberapa daerah saja yang menyediakan pendaftaran secara online. Umumnya pendaftaran dilakukan via ofline atau langsung.

Masyarakat bisa mengajukan diri sebagai penerima bantuan BLT UMKM ke Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten atau Kota di wilayah masing-masing. Semua bantuan ini bersifat hibah, tidak ada kembalian atau potongan.

Sumber: portalsurabaya.pikiran-rakyat.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *