Alumni Kartu Prakerja gak Bisa Ajukan Bantuan KUR Rp 10 juta Padahal Sudah Ada E-sertifikat, Ini Masalahnya

  • Bagikan
Alumni Kartu Prakerja gak Bisa Ajukan Bantuan KUR Rp 10 juta Padahal Sudah Ada E-sertifikat, Ini Masalahnya

Nurnajma.com – Kabar Gembira bagi Alumni Kartu Prakerja yang usai lolos program kartu prakerja bisa berkesempatan mengajukan pinjaman KUR untuk modal usaha sebesar Rp 10 juta hanya dengan beberapa tahap.

Perlu diketahui KUR Rp 10 juta untuk alumni Kartu Prakerja ini disalurkan agar dapat membantu mengembangkan karir dan usaha mereka.

KUR untuk alumni prakerja dari pemerintah telah di siapkan dana sebesar Rp 253 triliun untuk tahun anggaran 2021.

Namun, ada ketentuan bagi alumni prakerja untuk dapatkan KUR Rp 10 juta, pastinya pemberi pinjaman akan memeriksa SLIK OJK untuk mereka.

Apabila Alumni Prakerja memiliki catatan keuangan yang buruk dan terekam di OJK, maka tidak bisa ajukan KUR Rp 10 juta.

Di luar itu, syarat dokumen yang disediakan pun terbilang simpel dan mudah, yakni alumni Kartu Prakerja cukup melampirkan e-sertifikat.

E-sertifikat yang dimaksud merupakan sertifikat elektronik bukti peserta telah mengikuti pelatihan kerja di platform penyedia pelatihan.

Seperti kita tahu, e-sertifikat itu menjadi syarat mutlak pencairan insentif Kartu Prakerja sebesar Rp2,4 juta bagi peserta aktif.

Tak berbeda dengan itu, ketika menjadi alumni pun, Anda tetap harus melampirkan e-sertifikat jika ingin dapat pinjaman KUR Rp10 juta.

Khusus bagi para alumni Kartu Prakerja, tidak diwajibkan memiliki waktu lama usaha yang ditentukan.

Biasanya, pengajuan KUR harus memiliki usaha mikro setidaknya selama 6 bulan ke belakang.

Namun, syarat tersebut tak berlaku bagi alumni Kartu Prakerja. Alumni Kartu Prakerja dibolehkan mendapatkan pinjaman KUR Rp10 juta meski tanpa punya waktu lama usaha.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *