5 Kendala Gagal Lolos Seleksi Kartu Prakerja

  • Bagikan
5 Kendala Gagal Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Pemerintah baru-baru ini telah mengumumkan bagi para pendaftar yang lolos seleksi program Kartu Prakerja Gelombang 19.

Adapun kuota pada gelombang 19 Kartu Prakerja tersebut dibatasi maksimal 800.000 peserta.

Tak lama lagi, program pelatihan untuk peningkatan kemampuan bagi para pekerja ini akan dibuka kembali atau gelombang ke-20.

“Segera saya kabari begitu sudah ada kepastian,” kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Jumat (3/9/2021). Kendati demikian, ada saja pendaftar yang gagal seleksi program Kartu Prakerja karena berbagai alasan.

Masalah Gagal Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Salah satu kegagalannya adalah keterangan Nomor Induk Kependudukan (NIK) peserta terdaftar di program bantuan lembaga lain. Dikutip dari sosial media resmi Prakerja, terdapat berbagai cara untuk mengetahui bahwa NIK calon peserta yang gagal telah terdaftar di lembaga lain,

1. NIK terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima BLT/BSU

Cek statusmu di www.bsu.kemnaker.go.id atau melalui Call Center di nomor 1500 630.

2. NIK terdaftar sebagai penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro)

Cek statusmu di eform.bri.co.id/bpum.

3. NIK terdaftar di Kemendikbud

Cek statusmu di sekolah, perguruan tinggi terkait atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperbaharui statusmu.

4. NIK terdaftar sebagai penerima Bansos

Lapor ke dtks.kemensos.go.id.

5. KTP atau NIK tidak valid

Hubungi Dukcapil di nomor 1500-538 atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat di kotamu.

Perlu diketahui, program Kartu Prakerja hanya diberikan kepada peserta atau keluarga yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial pemerintah lainnya.

Maka dari itu, sebelum mendaftar pada program bantuan yang diberikan sebesar Rp 600.000 per bulan untuk 4 bulan ini, pastikan Anda bukan penerima bansos pemerintah lainnya.

Untuk mengetahui Anda lolos seleksi program Kartu Prakerja, pada tanggal pengumuman seleksi gelombang bisa mengecek atau login ke akun yang terdaftar.

Lalu, cek dashboard. Jika lolos seleksi gelombang akan menerima notifikasi kelolosan melalui pesan teks (SMS) dan email. Tak lupa, setelah mengetahui Anda lolos seleksi disarankan menonton 3 video tentang Kartu Prakerja untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja Anda.

Sumber: https://money.kompas.com/read/2021/09/03/062856026/gagal-lolos-seleksi-kartu-prakerja-bisa-jadi-karena-nik-terdaftar-jadi?page=all

  • Bagikan