in , ,

Simak Tips Hadapi Debt Collector Bagi Anda yang Memiliki Permasalahan Penagihan Pinjaman Online

Tips Hadapi Debt Collector

Nurnajma.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan akan menertibkan perusahaan pembiayaan atau multifinance yang tidak mengikuti ketentuan penagihan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Upaya ini juga dilakukan bersama dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan, untuk memastikan anggotanya mengikuti ketentuan penagihan yang ditetapkan.

Bahkan OJK tidak ragu memberikan sanksi bagi perusahaan pembiayaan atau multifinance (leasing) yang melakukan penarikan paksa kendaraan menggunakan jasa penagih utang atau debt collector.

“Terkait adanya penarikan paksa kendaraan oleh oknum debt collector, OJK menyatakan tidak mentolerir debt collector yang melanggar hukum dan akan memberi sanksi keras kepada perusahaan pembiayaan yang melanggar,” kata Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot dalam keterangan resminya, Selasa (11/5/2021).

Meski demikian, bagaimana jika sudah terlanjur memiliki utang dan menunggak, bahkan sampai didatangi debt collector?

Di saat tertentu adanya pinjaman online dapat menjadi penyelamat keuangan dan solusi untuk penuhi kebutuhan mendesak jika digunakan dengan tepat.

Namun, jika diajukan tanpa pertimbangan, tagihan produk keuangan tersebut bisa semakin menggunung dan sulit untuk dilunasi. Jika cicilannya sampai menunggak atau macet, tentu ada sejumlah konsekuensi yang harus siap dihadapi.

Selain sanksi denda dan skor kredit memburuk, ada juga aktivitas penagihan cicilan yang dilakukan oleh debt collector. Perlakuan dari debt collector inilah yang seringkali ditakuti oleh orang yang memiliki tagihan pinjaman online dan masih belum bisa melunasinya.

Perlu diingat, pentingnya mengajukan pinjaman di lembaga yang resmi dan legal. Biasanya di lembaga resmi aktivitas penagihan debt collector tidak sampai mengancam kehidupan nasabah.

Dengan begitu metode penagihan debt collector yang mengkhawatirkan, mengarah ke tindakan premanisme, hingga ancaman verbal maupun non verbal tidak akan dialami nasabah. Hal tersebut bisa terjadi jika menggunakan layanan pinjaman online ilegal dan tidak terdaftar OJK.

Hal: First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Xiomi Bakal Sematkan Teknologi Smartphone di Produk Otomotif

Xiomi Bakal Sematkan Teknologi Smartphone di Produk Otomotif

Diprediksi Harga HP dan Laptop Naik

Diprediksi Harga HP dan Laptop Naik Karna Kelangkaan Chip Ini