Jangan Tertipu dengan Aplikasi Crypto Palsu Ini di Google Play Store

  • Bagikan
Jangan Tertipu dengan Aplikasi Crypto Palsu Ini di Google Play Store

Cryptocurrency terus tumbuh dalam popularitas, tetapi seiring meningkatnya minat, begitu pula kreativitas scammers yang ingin memanfaatkan perubahan budaya untuk menipu orang. Menurut laporan baru-baru ini oleh tim keamanan siber Trend Micro, sekarang ada sejumlah aplikasi penambangan dan dompet kripto palsu di Google Play Store yang menipu pengguna agar membayar layanan palsu seperti penambangan dan penyimpanan cloud.

Laporan tersebut menyebutkan delapan aplikasi secara khusus:

  • Bitcoin 2021
  • Bitcoin Miner – Cloud Mining
  • Bitcoin (BTC) – Pool Mining Cloud Wallet
  • BitFunds – Crypto Cloud Mining
  • Crypto Holic – Bitcoin Cloud Mining
  • Daily Bitcoin Rewards – Cloud Based Mining System
  • Ethereum (ETH) – Pool Mining Cloud
  • MineBit Pro – Crypto Cloud Mining & btc miner

Sebagian besar aplikasi ini menyembunyikan salah satu dari dua aplikasi penambangan palsu yang sama — baik Trend Micro berlabel “AndroidOS_FakeMinerPay” atau “AndroidOS_FakeMinerAd”—yang menipu pengguna agar membayar layanan penambangan awan palsu, biasanya dengan biaya bulanan berulang $15. Pada kenyataannya, tidak ada aplikasi yang benar-benar menambang atau membayar cryptocurrency kepada pengguna.

Beberapa juga mendorong iklan berbayar dan pembelian dalam aplikasi tambahan, dan setidaknya dua aplikasi hadiah Crypto Holic dan Bitcoin Harian adalah aplikasi premium yang harus dibeli pengguna untuk diunduh.

Google menghapus aplikasi ini dari Google Play Store mengikuti laporan Trend Micro. Aplikasi yang dihapus kemudian dinonaktifkan dan dihapus dari perangkat apa pun yang mereka unduh, tetapi tetap bijaksana untuk mengonfirmasi bahwa aplikasi tersebut dihapus dari ponsel Android Anda jika Anda mengunduh salah satu aplikasi yang tercantum di atas.

Masih ada lebih banyak aplikasi crypto palsu di luar sana

Sayangnya, bahkan setelah larangan ini (dan Google merevisi kebijakan kriptonya sendiri), peneliti Trend Micro mengklaim masih ada lebih dari 120 aplikasi kripto palsu lainnya yang tersedia di Play Store saat ini. Beberapa telah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna. Dan aplikasi ini tidak akan dipanggil atau dihapus sampai terbukti bahwa mereka benar-benar melakukan beberapa bentuk penipuan kripto.

Saat kami mengingatkan Anda setiap kali salah satu dari cerita aplikasi berbahaya ini muncul, pastikan Anda memeriksa secara menyeluruh setiap bagian dari perangkat lunak yang Anda unduh. Tetap berpegang pada aplikasi dan pengembang terkenal, dan pastikan untuk membaca peringkat dan ulasan—termasuk yang ada di situs tepercaya seperti Google Play Store. Ada baiknya melakukan pencarian internet cepat juga, atau bahkan meminta pendapat kedua di forum diskusi yang andal.

Namun, pengembang jahat akan berusaha keras untuk membuat aplikasi mereka terlihat sah. Jangan membayar aplikasi, layanan, atau fitur khusus apa pun kecuali Anda yakin itu nyata. Jika Anda ragu, jangan serahkan info pembayaran atau data pribadi Anda. Dan jika Anda sudah membayar untuk aplikasi yang mengklaim menawarkan layanan penambangan awan tetapi Anda belum melihat pengembalian apa pun, itu berarti kemungkinan itu palsu. Hapus aplikasi dan laporkan segera.

  • Bagikan