in ,

5 Tips Investasi Cryptocurrency secara Aman

Tips Investasi Cryptocurrency secara Aman

Jika Anda baru mengenal dunia crypto, mencari tahu cara membeli Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, dan cryptocurrency lainnya dapat membingungkan pada awalnya. Untungnya, cukup sederhana untuk mempelajari seluk beluknya. Anda dapat mulai berinvestasi dalam cryptocurrency dengan mengikuti lima langkah mudah ini.

Pilih Broker atau Pertukaran cryptocurrency

Untuk membeli cryptocurrency, pertama-tama Anda harus memilih broker atau pertukaran crypto. Meskipun keduanya memungkinkan Anda membeli crypto, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya yang perlu diingat.

  • Apa Itu Pertukaran Cryptocurrency?

Pertukaran cryptocurrency adalah platform di mana pembeli dan penjual bertemu untuk berdagang cryptocurrency. Pertukaran sering kali memiliki biaya yang relatif rendah, tetapi mereka cenderung memiliki antarmuka yang lebih kompleks dengan berbagai jenis perdagangan dan grafik kinerja tingkat lanjut, yang semuanya dapat membuat mereka mengintimidasi investor kripto baru.

Beberapa pertukaran mata uang kripto yang paling terkenal adalah Coinbase, Gemini dan Binance.US. Sementara antarmuka perdagangan standar perusahaan ini mungkin membanjiri pemula, terutama mereka yang tidak memiliki latar belakang perdagangan saham, mereka juga menawarkan opsi pembelian yang mudah digunakan.

Kenyamanan datang dengan biaya, bagaimanapun, karena opsi ramah pemula mengenakan biaya yang jauh lebih besar daripada biaya untuk membeli crypto yang sama melalui antarmuka perdagangan standar setiap platform. Untuk menghemat biaya, Anda mungkin bertujuan untuk belajar cukup untuk memanfaatkan platform perdagangan standar sebelum Anda melakukan pembelian crypto pertama Anda — atau tidak lama setelahnya.

Catatan penting: Sebagai seseorang yang baru mengenal kripto, Anda pasti ingin memastikan pertukaran atau broker pilihan Anda memungkinkan transfer mata uang fiat dan pembelian yang dilakukan dengan dolar AS. Beberapa bursa hanya mengizinkan Anda untuk membeli kripto menggunakan kripto lain, artinya Anda harus mencari bursa lain untuk membeli token yang diterima oleh bursa pilihan Anda sebelum Anda dapat mulai memperdagangkan kripto di platform tersebut.

Pialang Cryptocurrency menghilangkan kerumitan dari pembelian crypto, menawarkan antarmuka yang mudah digunakan yang berinteraksi dengan pertukaran untuk Anda. Beberapa membebankan biaya lebih tinggi daripada pertukaran. Yang lain mengklaim “bebas” sambil menghasilkan uang dengan menjual informasi tentang apa yang Anda dan pedagang lain beli dan jual ke pialang atau dana besar atau tidak mengeksekusi perdagangan Anda dengan harga pasar terbaik. Robinhood dan SoFi adalah dua broker crypto paling terkenal.

Meskipun tidak dapat disangkal nyaman, Anda harus berhati-hati dengan broker karena Anda mungkin menghadapi batasan untuk memindahkan kepemilikan cryptocurrency Anda dari platform. Di Robinhood dan SoFi, misalnya, Anda tidak dapat mentransfer kepemilikan crypto Anda dari akun Anda. Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi investor kripto tingkat lanjut lebih suka menyimpan koin mereka di dompet kripto untuk keamanan ekstra. Beberapa bahkan memilih dompet kripto perangkat keras yang tidak terhubung ke internet untuk keamanan yang lebih.

Buat dan Verifikasi Akun Anda

Setelah Anda memutuskan broker atau pertukaran cryptocurrency, Anda dapat mendaftar untuk membuka akun. Bergantung pada platform dan jumlah yang Anda rencanakan untuk dibeli, Anda mungkin harus memverifikasi identitas Anda. Ini adalah langkah penting untuk mencegah penipuan dan memenuhi persyaratan peraturan federal.

Anda mungkin tidak dapat membeli atau menjual cryptocurrency sampai Anda menyelesaikan proses verifikasi. Platform mungkin meminta Anda untuk mengirimkan salinan SIM atau paspor Anda, dan Anda bahkan mungkin diminta untuk mengunggah selfie untuk membuktikan penampilan Anda sesuai dengan dokumen yang Anda kirimkan.

Setor Uang Tunai untuk Berinvestasi

Untuk membeli kripto, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki dana di akun Anda. Anda dapat menyetor uang ke akun kripto Anda dengan menautkan rekening bank Anda, mengotorisasi transfer kawat atau bahkan melakukan pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Tergantung pada bursa atau broker dan metode pendanaan Anda, Anda mungkin harus menunggu beberapa hari sebelum Anda dapat menggunakan uang yang Anda setorkan untuk membeli mata uang kripto.

Inilah satu pembeli besar berhati-hatilah: Sementara beberapa bursa atau broker mengizinkan Anda untuk menyetor uang dari kartu kredit, melakukannya sangat berisiko — dan mahal. Perusahaan kartu kredit memproses pembelian cryptocurrency dengan kartu kredit sebagai uang muka. Ini berarti mereka dikenakan suku bunga yang lebih tinggi daripada pembelian biasa, dan Anda juga harus membayar biaya penarikan tunai tambahan. Misalnya, Anda mungkin harus membayar 5% dari jumlah transaksi saat Anda melakukan penarikan tunai. Ini di luar biaya apa pun yang mungkin dibebankan oleh pertukaran atau broker crypto Anda; ini dapat berjalan hingga 5% sendiri, artinya Anda mungkin kehilangan 10% dari pembelian crypto Anda karena biaya.

Tempatkan Pesanan Cryptocurrency Anda

Setelah ada uang di akun Anda, Anda siap untuk melakukan pemesanan cryptocurrency pertama Anda. Ada ratusan cryptocurrency untuk dipilih, mulai dari nama terkenal seperti Bitcoin dan Ethereum hingga crypto yang lebih tidak jelas seperti Theta Fuel atau Holo.

Saat Anda memutuskan cryptocurrency mana yang akan dibeli, Anda dapat memasukkan simbol tickernya — Bitcoin, misalnya adalah BTC — dan berapa banyak koin yang ingin Anda beli. Dengan sebagian besar bursa dan broker, Anda dapat membeli pecahan mata uang kripto, memungkinkan Anda untuk membeli sepotong token berharga tinggi seperti Bitcoin atau Ethereum yang jika tidak membutuhkan ribuan untuk dimiliki.

Simbol untuk 10 cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar adalah sebagai berikut:

  • Bitcoin (BTC)
  • Ethereum (ETH)
  • Tether (USDT)
  • Koin Binance (BNB)
  • Kardana (ADA)
  • Dogecoin (DOGE)
  • XRP (XRP)
  • Koin USD (USDC)
  • Polkadot (DOT)
  • Uniswap (UNI)

Pilih Metode Penyimpanan

Pertukaran mata uang kripto tidak didukung oleh perlindungan seperti Federal Deposit Insurance Corp. (FDIC), dan mereka berisiko dicuri atau diretas. Anda bahkan bisa kehilangan investasi Anda jika Anda lupa atau kehilangan kode untuk mengakses akun Anda, seperti jutaan dolar Bitcoin. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk cryptocurrency Anda.

Seperti disebutkan di atas, jika Anda membeli cryptocurrency melalui broker, Anda mungkin tidak punya banyak pilihan tentang bagaimana cryptocurrency Anda disimpan. Jika Anda membeli cryptocurrency melalui pertukaran, Anda memiliki lebih banyak opsi:

Tinggalkan kripto di bursa. Saat Anda membeli cryptocurrency, biasanya disimpan dalam apa yang disebut dompet crypto yang dilampirkan ke bursa. Jika Anda tidak menyukai penyedia yang menjadi mitra pertukaran Anda atau Anda ingin memindahkannya ke lokasi yang lebih aman, Anda dapat mentransfernya dari bursa ke dompet panas atau dingin yang terpisah. Tergantung pada pertukaran dan ukuran transfer Anda, Anda mungkin harus membayar sedikit biaya untuk melakukan ini.

Hot wallets. Ini adalah dompet kripto yang disimpan secara online dan dijalankan di perangkat yang terhubung ke internet, seperti tablet, komputer, atau ponsel. Dompet panas memang nyaman, tetapi ada risiko pencurian yang lebih tinggi karena masih terhubung ke internet.

Cold wallets. Dompet crypto dingin tidak terhubung ke internet, menjadikannya pilihan paling aman untuk memegang cryptocurrency. Mereka mengambil bentuk perangkat eksternal, seperti drive USB atau hard drive. Anda harus berhati-hati dengan dompet dingin, jika Anda kehilangan kode kunci yang terkait dengannya atau perangkat rusak atau gagal, Anda mungkin tidak akan pernah bisa mendapatkan kembali cryptocurrency Anda. Meskipun hal yang sama bisa terjadi dengan dompet panas tertentu, beberapa dijalankan oleh penjaga yang dapat membantu Anda masuk kembali ke akun Anda jika Anda terkunci.

Cara Alternatif untuk Membeli Cryptocurrency

Saat membeli cryptocurrency adalah tren utama saat ini, ini adalah pilihan investasi yang mudah berubah dan berisiko. Jika berinvestasi di crypto di bursa atau melalui broker sepertinya bukan pilihan yang tepat untuk Anda, berikut adalah beberapa opsi untuk berinvestasi secara tidak langsung di Bitcoin dan cryptocurrency lainnya:

Tunggu Crypto Exchange-Traded Funds (ETFs)

ETF adalah alat investasi yang sangat populer yang memungkinkan Anda membeli eksposur ke ratusan investasi individu dalam satu gerakan. Ini berarti mereka memberikan diversifikasi langsung dan kurang berisiko daripada berinvestasi dalam investasi individu.

Ada keinginan besar untuk ETF cryptocurrency, yang memungkinkan Anda berinvestasi di banyak cryptocurrency sekaligus. Belum ada ETF cryptocurrency yang tersedia untuk investor harian, tetapi mungkin akan segera ada beberapa. Pada Juni 2021, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) sedang meninjau tiga aplikasi ETF cryptocurrency dari Kryptcoin, VanEck, dan WisdomTree.

Berinvestasi di Perusahaan yang Terhubung dengan Cryptocurrency

Jika Anda lebih suka berinvestasi di perusahaan dengan produk atau layanan nyata dan yang tunduk pada pengawasan peraturan — tetapi masih ingin terpapar ke pasar cryptocurrency — Anda dapat membeli saham perusahaan yang menggunakan atau memiliki cryptocurrency dan blockchain yang menggerakkan mereka. Anda memerlukan akun pialang online untuk membeli saham perusahaan publik seperti:

  • NVIDIA . Perusahaan teknologi ini mendesain dan menjual unit pemrosesan grafis, yang merupakan jantung dari sistem yang digunakan untuk menambang cryptocurrency.
  • PayPal . Sudah menjadi pilihan populer bagi orang yang membeli barang secara online atau mentransfer uang ke keluarga dan teman, platform pembayaran ini baru-baru ini diperluas untuk memungkinkan pelanggan membeli dan menjual cryptocurrency tertentu dengan akun PayPal dan Venmo mereka.
  • Square . Penyedia layanan pembayaran untuk usaha kecil ini telah membeli lebih dari $ 220 juta dalam Bitcoin sejak Oktober 2020. Pada Februari 2021, perusahaan mengungkapkan bahwa Bitcoin menghasilkan sekitar 5% dari uang tunai di neraca. Selain itu, Aplikasi Tunai Square memungkinkan orang untuk membeli, menjual, dan menyimpan cryptocurrency.

Seperti halnya investasi apa pun, pastikan Anda mempertimbangkan tujuan investasi dan situasi keuangan Anda saat ini sebelum berinvestasi dalam mata uang kripto atau perusahaan individu yang memiliki saham besar di dalamnya. Cryptocurrency bisa sangat fluktuatif — satu tweet dapat membuat harganya anjlok — dan itu masih merupakan investasi yang sangat spekulatif. Ini berarti Anda harus berinvestasi dengan hati-hati.

Catat! Ini Daftar Aplikasi Bahaya Mesenger di Android

Catat! Ini Daftar Aplikasi Bahaya Mesenger di Android

Langkah Cek Daftar Yang menerima BLT UMKM Tahapan 3

Langkah Cek Daftar Yang menerima BLT UMKM Tahapan 3