Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Membuka Beasiswa untuk Lulusan SMA/SMK

  • Bagikan
Aliansi Perguruan Tinggi BUMN Membuka Beasiswa untuk Lulusan SMASMK

Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN) kembali membuka program beasiswa. Beasiswa Aperti 2021 ditujukan untuk anak lulusan SMA dan SMK di seluruh Indonesia.

Beasiswa Aperti 2021 ini merupakan hasil kerja sama 9 perguruan tinggi yaitu Telkom University (Tel-U), Universitas Pertamina, Institut Teknologi PLN (IT PLN), dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI).

Selain itu ada juga Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), IT Telkom Surabaya (ITT Surabaya), Politeknik Pos Indonesia, BRI Institute, dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto).

“Beasiswa ini diberikan kepada lulusan SMA dan SMK tahun 2020 atau tahun 2021 yang berminat mengikuti perkuliahan jenjang S1/Diploma pada salah satu dari sembilan perguruan tinggi dibawah APERTI BUMN,” jelas Ketua Aperti BUMN, Adiwijaya dalam acara launching program beasiswa yang berlangsung secara daring, pada Sabtu (12/6/2021).

Adiwijaya yang juga Rektor Telkom University menyebutkan beasiswa Aperti 2021 merupakan beasiswa penuh 100% selama masa studi di perguruan tinggi yang dipilih para calon mahasiswa.

“Tahun ini kami (APERTI BUMN) akan memberikan kepada 40 mahasiswa baru yang terpilih, dan akan memperoleh beasiswa full 100% selama masa studi di universitas yang dipilihnya,” ujar Adiwijaya.

“Dalam proses pendaftaran sudah dimulai sejak 12 Juni 2021, dimana proses seleksi mencakup seleksi akademik (termasuk mengajukan nilai rapor) dan wawancara secara online.”

Persyaratan Program Beasiswa Aperti 2021:

1. Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2020 dan 2021

2. Melampirkan nilai rapor semester 1-5

3. Melampirkan sertifikat jika ada

4. Mengunggah berkas pendaftaran secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih

5. Peserta hanya boleh memilih 1 tujuan perguruan tinggi

Jadwal Beasiswa Aperti 2021:

Pendaftaran: 12 Juni 2021 sampai 23 Juli 2021

Seleksi Administratif: 30 Juli 2021

Pengumuman Seleksi Administratif: 6 Agustus 2021

Wawancara: 9-12 Agustus 2021

Pengumuman: 16 Agustus 2021

Lebih lanjut Adiwijaya juga menjelaskan kerja sama perguruan tinggi yang tergabung dalam Aperti BUMN ini dipilih berdasarkan keterkaitannya dengan dunia Industri.

TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Universitas Pertamina di bidang energi, STIMLOG di bidang manajemen logistik, transportasi dan rantai pasok, UISI di bidang bisnis dan teknologi persemenan, Poltekpos di bidang logistik, supply chain management & e-commerce,

Kemudian ITT Surabaya di bidang teknologi komunikasi, IT PLN memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, BRI Institute di bidang teknologi keuangan digital (digital financial technology) dan technopreneurship, dan ITT Purwokerto dibidang Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small-Medium Enterprise.

Adiwijaya berharap dengan adanya beasiswa Aperti 2021 ini dapat berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Acedemic, Business, and Government).

Sumber: detik.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *