in , ,

BLT UMKM Rp1,2 Juta di Pastikan Cair, Penerima yang Belum Dapat Banyak Berharap, Kapan?

Waktu pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM, hingga kini masih belum bisa dipastikan waktunya. 

Pasalnya, kini jajaran Dinas Koperasi dan UKM di seluruh daerah sedang melakukan pengumpulan data ihwal siapa saja yang berhak menerima BLT sebesar Rp1,2 juta tersebut.

Seperti diketahui, target penerima BLT UMKM pada tahun ini ada sebanyak 12,8 juta pedagang.

“Intinya program 2021 untuk penerima baru dimulai pengumpulan datanya,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satria kepada Okezone, Kamis (1/4/2021).

Dia mengaku tak mengetahui pengerjaan verifikasi data penerima BLT UMKM akan selesai kapan. Sebab, agar BLT tersebut tepat sasaran, maka proses pemeriksaan datanya pun harus teliti.

“Belum tahu (selesai kapan), tergantung dinas,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan program PEN KUMKM terdiri dari dua klaster. Pertama, bagi usaha mikro yang unbankable, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Insya Allah segera akan digulirkan oleh Presiden,” kata Teten, beberapa waktu lalu.

Kedua, PEN bagi kelompok usaha yang sudah bankable dan telah mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) berupa fasilitas subsidi bunga KUR dan pembiayaan modal kerja koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

“Pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan untuk UMKM dan Koperasi yang murah, mudah, dan cepat agar UMKM cepat naik kelas,” papar Teten.

Page: 1 - 2

BNI Sediakan Pinjaman KUR Kecil hingga Khusus Bagi Pelaku Usaha dan Karyawan, Simak Rincian Berikut

Asyik! Bantuan Tahap Dua untuk Siswa Masih Ada di Bulan April, Lalu Bagaimana Cara Cek Terdaftar atau Tidaknya?