in , , ,

Asyik! Bantuan Tahap Dua untuk Siswa Masih Ada di Bulan April, Lalu Bagaimana Cara Cek Terdaftar atau Tidaknya?

Klementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) anak sekolah untuk penyaluran tahap II.

BLT anak sekolah ini masuk dalam bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, Kemensos menargetkan penyaluran PKH tahap II, termasuk BLT anak sekolah di dalamnya yang mulai disalurkan pada akhir Maret 2021.

BLT anak sekolah ditujukan untuk membantu KPM yang memiliki anak yang masih bersekolah SD hingga SMA, agar mendapatkan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Besaran BLT anak sekolah, yakni Rp900.000 per tahun untuk SD/sederajat, Rp1,5 juta per tahun untuk SMP/sederajat, dan Rp2 juta per tahun untuk SMA/sederajat.

Bantuan BLT anak sekolah disalurkan selama setahun dalam 4 tahap, mulai Januari hingga Desember 2021.

Penyaluran tahap I akan diberikan pada Januari 2021, tahap II pada April 2021, tahap III pada Juli 2021, dan tahap IV pada Oktober 2021.

Dengan begitu, uang BLT yang diberikan pertahapnya, yaitu Rp225.000 untuk SD/sederajat, Rp375.000 untuk SMP/sederajat, dan Rp500.000 untuk SMA/sederajat.

Masyarakat yang ingin mendapatkan BLT anak sekolah, harus lebih dulu mendaftar menjadi peserta KPM PKH yang terdata DTKS Kemensos.

Jika sudah terdaftar, maka peserta akan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan akan dibukakan rekening bank penyalur yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Page: First -1 - 2 - 3 - - Last

BLT UMKM Rp1,2 Juta di Pastikan Cair, Penerima yang Belum Dapat Banyak Berharap, Kapan?

Kapan Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 17? Untuk Mengetahui Tahap hingga Penyebab Gagal dalam Kartu Prakerja, Perhatikan Ini